Cara Membalikan Seleksi di Adobe Photoshop


OKEGUYS – Kalian pasti pernah menyeleksi sebuah objek namun sayangnya bukan objek tersebut yang harus diseleksi melainkan kalian harus membalikan seleksi tersebut, setelah hal tersebut terjadi pastinya kalian merasa bingung dan harus menyeleksi kembali objek tersebut.

Mungkin saat ini kalian sedang mengalami hal tersebut, maka dari itu saya akan memberitahu kalian cara membalikan seleksi yang benar.

Caranya pun cukup mudah sekali dan tidak membutuhkan banyak waktu, berikut ulasan lengkapnnya.

Sebelum melakukan hal tersebut ada baiknya kalian menyiapkan gambar percobaan untuk melakukan editing, kalian dapat mencarinya dari Google atau melalu situs website Pexel.



membalik seleksi

Namun bagi kalian yang sudah berada dalam proses editing dalam Photoshop, langsung saja kalian scroll kebawah untuk mengikuti tutorialnya.

Cara Membalikan Seleksi Di Photoshop

Pada tutorial kali ini saya menggunakan Software Adobe Photoshop 2020, jika kalian menggunakan Adobe Photoshop versi yang berbeda mungkin terdapat perbedaan antara penampilan dan penempatan toolnya.

Namun pada dasar hal teknis semuanya hampir sama, berikut tutorial lengkapnya.

Langkah 1 – Buka Aplikasi Photoshop

Buka Photoshop kalian lalu upload gambar yang ingin diedit, untuk kalian yang belum mengetahui cara upload gambar tersebut, kalian pergi ke Menu File>Open atau menggunakan cara cepatnya, yaitu dengan menekan tombol Ctrl+O.



Langkah 2 – Lakukan Seleksi

seleksi

Langkah selanjutnya kalian tinggal melakukan Seleksi pada objek yang kalian inginkan. Disini saya menggunakan tool Object Selection Tool yang ada di Adobe Photoshop 2020.

Gunakan tool yang kalian sukai dan anda rasa paling mudah, entah itu mengguanakan rectangular marquee tool, lasso tool, magnetic tool, dan tool-tool untuk menyeleksi objek lainnya.

Sebelum lanjut untuk langkah selanjutnya pastikan gambar sudah terseleksi dan masih dalam keadaan terseleksi untuk melanjutkannya.

Langkah 3 – Lakukan Inverse



Kita masuk tahap akhir, untuk membalikan seleksi yang sudah dibuat tadi, ada dua cara, yaitu menuju menu Select>Inverse.

Atau menggunakan cara cepat, dengan mengkombinasi tombol keyboard, kalian tinggal tekan tombol Ctrl+Shift+I, seleksi pun langsung otomatis berbalik ke Background.

Kalian dapat melihat pada gambar diatas, ada sebuah garis hitam dan putih yang bergerak seperti mengelilingin setiap sisi dari background tersebut.

Nah, itulah, cara membalikan seleksi pada gambar menggunakan Adobe Photoshop, selamat mencoba.

Dan jangan lupa ikuti terus artikel seputar tutorial asik dan menarik hanya di OKEGUYS.COM.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password