Cara Membalikkan Layer (Gambar/Teks) di Adobe Photoshop CS5


Dalam hal edit-mengedit, terkadang ada teks atau gambar yang akan terlihat lebih baik jika posisinya terbalik.

Untuk itu, kamu perlu tahu nih cara membalikkan layer (gambar atau teks) di Adobe Photoshop CS5 yang akan OKEGUYS jelaskan dalam artikel kali ini.

Nantinya, posisi gambar atau teks yang dibalik bisa diatur secara horizontal maupun vertikal. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan editing kamu saja.

Cara Membalik (Flip) Layer di Adobe Photoshop CS5

Satu hal yang cukup sulit saat mempelajari cara membalik layer Photoshop adalah memisahkan tools yang akan memengaruhi semua gambar dan tools yang hanya akan memengaruhi layer terpilih.



Silahkan ikuti perlahan langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Mulailah dengan membuka gambar multi-layer kamu di Photoshop CS5.

Langkah 2: Pilih layer yang ingin kamu balik dari panel Layers di sisi kanan window.

Pada tahapan ini, jika sebelumnya kamu menyembunyikan panel Layers, kamu dapat menekan tombol F7 pada keyboard untuk menampilkannya lagi.



Langkah 3: Klik ‘Edit’ di bagian atas window. Kemudian, klik ‘Transform’, lalu klik ‘Flip Horizontal’.

Cara ini akan membalik layer yang dipilih secara horizontal. Jika kamu ingin membalik layer secara vertikal, silahkan pilih opsi ‘Flip Vertical’.

Jika kamu tidak menyukai perubahan yang telah dilakukan pada gambar/teks di Photoshop itu, kamu dapat menekan Ctrl + Z pada keyboard untuk membatalkan flip layer Photoshop yang sudah diterapkan tadi.

Ada juga opsi lain yang dapat digunakan untuk membalikkan objek di Photoshop CS5, baik secara horizontal maupun vertikal yaitu dengan menekan tombol Ctrl + T pada keyboard untuk membuka tools Free Transform.



Ketika kamu berada dalam mode Free Transform, sebuah kotak dengan pegangan persegi kecil akan muncul di sekitar layer yang dipilih tersebut.

Apabila kamu melakukan drag (seret) salah satu kotak, itu akan mengubah keseluruhan layer.

Sebagai catatan, tutorial di atas hanya berlaku untuk membalikkan satu layer terpilih saja.

Semisal kamu ingin membalik beberapa layer secara horizontal, tahan saja tombol Ctrl pada keyboard. Kemudian, klik setiap layer yang ingin dibalik.

Lalu, klik ‘Edit’ dan pilih ‘Transform’. Pada menu Transform, pilih ‘Flip Horizontal’ dari bagian atas window.

Nah, demikianlah penjelasan tentang tutorial cara flip layer (gambar/teks) di Adobe Photoshop CS5, baik secara horizontal maupun vertikal, dengan mudah.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password