Cara Export Sebagian Project Multitrack di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini benar-benar basic namun begitu berguna untuk pemula yang tengah menggunakan Adobe Audition. Yakni tentang bagaimana cara untuk meng-export audio tidak secara ‘Full’. Maksudnya tidak ‘Full’ di sini adalah file yang di-export hanya berdurasi sebagian dari Project.

Misal, 1 Project memiliki durasi 2 menit, nah yang kalian export hanya 1 menit. Bagaimana sih caranya? Biar gak bingung mending langsung aja ikutin tutorialnya di bawah ini ya guys!

Cara Export Sebagian Project Multitrack di Adobe Audition

Langkah pertama, persiapkan dulu Project Multitrack yang akan kalian export sebagian. Dan pastikan juga nih Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian.

Kalau sudah jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!



Langkah 1 – Buka Multitrack

Setelah aplikasi Adobe Audition sudah terbuka di layar, kini kalian tinggal buka file Multitrack yang akan kalian Export. Caranya kalian pergi ke kolom File > Open > Pilih file .sesx yang akan kalian Export.

Tunggu hingga terbuka!

Langkah 2 – Aktifkan Time Selection Tool

Di deretan atas jendela Adobe Audition, banyak icon-icon tool yang bisa kalian gunakan. Kalian aktifkan ‘Time Selection Tool’. Logonya berbentuk garis vertikal seperti huruf I besar. Bisa lihat contoh gambarnya di atas.



Langkah 3 – Seleksi Clip

Setelah Time Selection Tool aktif, lakukan seleksi pada bagian klip di Multitrack yang ingin kalian Export. Nantinya, bagian yang terseleksi tersebutlah yang akan terexport.

Langkah 4 – Export dengan Opsi Time Selection

Lakukan Export dan pilih opsi Time Selection, caranya klik tombol File > Export > Multitrack Mixdown > Time Selection.

Langkah 5 – Atur Output



Selanjutnya akan muncul jendela Export seperti di atas, yang perlu kalian lakukan adalah atur nama, format audio, lokasi penyimpanan dan lain-lain sesuai kebutuhan. Bila sudah, tinggal klik ‘Ok’.

Selanjutnya tinggal tunggu sampai selesai deh! Gampang banget kan guys?

Kalau kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan sungkan untuk tanyakan di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password