Cara Atasi Audio Hanya Terdengar Sebelah di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini berguna buat kalian yang pernah mengalami audio stereo yang direkam hanya masuk pada salah satu channel, yakni kiri atau kanan. Kesalahan seperti ini biasanya bisa terjadi karena hal apapun, salah satunya settingan Audio Channel Mapping yang kurang sesuai.

Tapi kalau audionya sudah terlanjur direkam dan tidak ada kesempatan ulang, apa yang harus kita perbuat? Tenang guys! Kita bisa atasi permasalahan tersebut dengan bantuan aplikasi Adobe Audition. Bagaimana ya caranya?

Kira-kira bakalan ribet gak ya? Langsung aja deh ikutin langkah-langkahnya di bawah ini ya guys!

Cara Atasi Audio Hanya Terdengar Sebelah di Adobe Audition

Pertama-tama, sebelum kita masuk ke langkah yang lebih detail, kalian bisa mempersiapkan audionya yang akan diedit terlebih dahulu. Kemudian, pastikan kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC atau Laptop kalian dengan baik.



Kalau sudah, langsung jalankan aplikasinya dan tunggu hingga terbuka guys!

Langkah 1 – Masukkan Audio

Setelah Adobe Audition sudah terbuka di layar monitor kalian, selanjutnya masukkan audio ke aplikasi. Caranya, kalian bisa langsung lakukan ‘Drag’ file audio dari folder ke aplikasi. Kemudian, akan muncul gambar spektrum audio pada layar kalian.

Kalian juga bisa membuka file audio dengan cara klik File > Open > Pilih File.

Atau biar cepat gunakan Keyboard Shortcut dengan menekan Ctrl + O.



Langkah 2 – Convert to Mono

Nah, bisa dilihat dari spektrum audio kalau channel yang masuk audio hanya sebelah dan sisanya tidak ada suara yang masuk. Cara agar audio terdenngar pada sisi kiri dan kanan, kalian bisa rubah channel audio yang tadinya stereo menjadi mono. Dengan begitu audio pada channel kiri dan kanan akan terdengar sama.

Caranya, kalian tinggal klik kolom Favorite > Convert to Mono.

Coba sekarang kalian mainkan, audio sudah terdengar pada sisi kiri maupun kanan guys!



Gimana guys? ternyata gampang banget kan? Kalau semisal kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan sungkan untuk tanyakan di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password