Begini Caranya Lakukan Pre-Render di Adobe Audition


Oke guys, setiap orang tentunya menggunakan PC atau Laptop dengan spesifikasi yang beraneka ragam. Terkadang, spesifikasi yang tidak terlalu tinggi menghasilkan beberapa kendala, seperti terasa begitu berat saat mengedit atau preview di sebuah aplikasi.

Kalau kalian pengguna Adobe Audition sepertinya pernah mengalami hal berikut, di mana ketika sedang mengedit audio dan terlalu banyak Track dan Effects yang digunakan membuat aplikasi melamban dan audio terasa ‘macet’ sesekali.

Nah, kalian bisa sedikit menyiasatinya dengan melakukan pre-render guys.

Gimana sih caranya melakukan pre-render di Adobe Audition? Ikutin aja deh tutorial singkat di bawah ini!



Begini Caranya Lakukan Pre-Render di Adobe Audition

Sebelum kita lakukan contoh pre-render kita perlu contoh project dengan banyak audio klip dan penggunaan efek di beberapa Track. Oh ya, pastikan juga nih, kalau aplikasi Adobe Audition kalian sudah terpasang dengan baik di PC kalian.

Kalau sudah, langsung jalankan aplikasinya dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buka/Buat Project

Kalau kalian sudah mempersiapkan project yang sebelumnya kalian buat, kalian bisa membuka project tersebut, tinggal klik File > Open > Pilih file .sesx.

Kalau belum, kalian bisa membuat project Multitrack terlebih dahulu guys! Caranya, kalian klik File > New  > Multitrack Session. Beri nama project kalian, kemudian klik ‘Ok’ bila sudah.



Langkah 2 – Isi Track-Track Kosong dengan Klip

Karena Multitrack masih kosong, kalian bisa coba isi Track yang ada dengan beberapa klip. Susun sesuai keinginan kalian dengan cara ‘Drag’ file audio dari folder ke beberapa Track yang ada.

Langkah 3 – Masukkan Beberapa Efek

Pada masing-masing track yang berisikan beberapa klip audio, kalian tambahkan beberapa efek sekaligus. Kalian bisa atur sesuai kebutuhan audio kalian nantinya, dan gambar di atas hanya sekedar contoh.

Sampai sini, bisa jadi sudah mulai terasa berat ketika melakukan preview untuk sebagian pengguna. Di sinilah baru kita akan melakukan pre-rendering.



Langkah 4 – Pre-rendering

Untuk melakukan pre-render ternyata gampang banget guys, kalian hanya perlu klik tombol berbentuk seperti ‘kilat’ pada efects rack. Ketika kalian klik tombol tersebut, maka efek yang sudah kalian terapkan akan berubah warna menjadi biru.

Wah, gimana guys? Ternyata sesimpel itu ya untuk melakukan pre-rendering.

Kalau kalian punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan sungkan untuk tanyakan di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi ya guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password