Ambience Pesawat Terbang dari Noise di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini akan menggunakan Noise dan mengkreasikannya menjadi efek suara seperti ketika kalian sedang naik pesawat terbang. Suaranya agak terdengar seperti angin yang bergerak cepat dan bising. Tentunya aplikasi yang akan kita gunakan adalah Adobe Audition.

Biar lebih menarik nanti kita akan buat di bagian awalnya seolah-olah sedang taking off. Kira-kira bakalan susah gak ya? Biar gak bingung langsung ikutin tutorialnya aja deh!

Membuat Suara Spaceship dari Noise di Adobe Audition

Sebelum kita lanjut ke langkah-langkah, pastikan dulu kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian. Kalau sudah jalankan aplikasinya dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1  – Generate Noise



Pertama-tama kalian bisa membuat Noise terlebih dahulu di Adobe Audition. Untuk membuatnya kalian perlu pergi ke  Effects > Generate > Noise.

Selanjutnya, kalian akan diminta memberi nama audio klip Noisenya. Kalian bebas menuliskan nama apapun, kalau sudah tinggal klik ‘Ok’.

Langkah 3 – Ubah Preset dan Durasi Noise

Setelah jendela Noise terbuka, kalian ganti kolom Presetnya. Ada beberapa jenis Presets yang bisa kalian gunakan, namun pada tutorial kali ini kita akan menggunakan Preset ‘Pink Spatial Stereo 700 Delay’.



Kemudian, jangan lupa untuk kalian atur durasi output Noisenya. Lokasinya ada di sisi kanan bawah pada jendela Noise.

Setelah pengaturan sudah selesai, kalian klik ‘Ok’.

Langkah 4 – Gunakan Efek Pitch Bender

Sampai sini, suara yang dihasilkan masih seperti Noise biasa yang berlebihan, kita akan merubahnya dengan menambahkan efek Pitch Bender pada Noise tersebut. Kalian pergi ke Effects > Time and Pitch > Pitch Bender.



Geser sedikit jendela efek Pitch Bender dan buatlah keyframe pada garis biru membentuk susunan seperti pada gambar. Bila kalian sudah selesai menyusunnya, lanjut dengan klik ‘Ok’.

Bila sudah kalian coba ‘Play’ dengan menekan tombol ‘Space’ pada keyboard dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.

Gimana guys, gampang banget kan ternyata buatnya?

Kalau kalian masih bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan ragu untuk tulis di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password