4 Opsi Export Project Multitrack Pada Adobe Audition


Oke guys, pada artikel kali ini akan mengulas tentang proses Export dalam DAW Adobe Audition. Export boleh jadi merupakan proses final setelah melewati sekian proses editing dan pengaturan. Namun, yang perlu kalian perhatikan adalah pengaturan opsi ketika melakukan Export dalam Multitrack Session.

Terkadang ketika kita ingin meng-export suatu project, tidak melulu meng-exportnya secara keseluruhan. Boleh jadi hanya salah satu klip, sebagian durasi atau mungkin meng-export dalam beberapa Track terpisah.

Nah, berikut ini beberapa metode Export yang bisa coba kalian lakukan, mungkin berguna buat kalian nantinya.

4 Opsi Export Project Multitrack Pada Adobe Audition

Entire Session



Nah, cara satu ini bisa dibilang opsi yang paling umum untuk dilakukan. Di mana ‘Entire Session’ berarti kalian akan meng-export project Multitrack di Adobe Audition secara keseluruhan, dari awal sampai akhir project. Untuk melakukannya, kalian hanya perlu pergi ke File > Export > Multitrack Mixdown > Entire Session.

Setelah jendela Export terbuka, kalian atur format output, nama dan lokasi penyimpanan. Kalau sudah tinggal klik ‘Ok’.

Selected Clips

Opsi ini bisa kalian pilih, ketika kalian hanya ingin melakukan Export terhadap salah satu dari deretan klip di Multitrack. Untuk melakukan Export dengan cara ini kalian terlebih dahulu memilih klipnya dengan cara klik salah satu klip. Setelah file terpilih, kalian pergi ke File > Export > Multitrack Mixdown > Selected Clips.

Setelah muncul jendela Export, ubah nama, format, lokasi penyimpanan dan lain-lain. Kemudian, tinggal klik ‘Ok’. Untuk lebih detail ada di artikel berikut.



Time Selection

Time Selection merupakan salah satu opsi Export di mana output audionya sesuai dengan durasi yang terseleksi. Jadi, misalnya keseluruhan project berdurasi 4 menit, kalian bisa mengexport hanya 2 menit dari keseluruhan project tersebut. Caranya, seleksi project sesuai durasi yang kalian inginkan, kemudian klik File > Export > Multitrack Mixdown > Time Selection.

Beri nama, pilih format, tentukan lokasi penyimpanan dan lain-lain, kemudian klik ‘Ok’. Untuk langkah yang lebih detail baca artikel berikut.

Separated Track

Dengan cara ini, kalian bisa meng-export masing-masing Track di Multitrack Session menjadi beberapa file yang terpisah. Caranya hampir mirip opsi pertama, hanya berbeda di bagian menjelang akhir. Pergi ke File > Export > Multitrack Mixdown > Entire Session.



Setelah jendela Export terbuka klik ‘Change’ pada kolom Mixdown Option, kemudian centang kolom Track. Kalau sudah klik ‘Ok’. Untuk langkah yang lebih detail silahkan baca di tutorial berikut.

Kalian sudah pernah gunakan 4 cara di atas? Sering pakai yang mana? Atau punya cara lain dalam melakukan Export?

Coba kasih tau di kolom komentar ya!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password