Belajar Google Analytics: Mengenal Apa Itu Google Analytics?


OKEGUYS! Buat kamu yang mau mempelajari aplikasi Google Analytics, sesuai kata pepatah “Tak kenal maka tak sayang”, kamu wajib tau dulu nih, apa sih aplikasi ini dan apa fungsi dari aplikasi tersebut. Jika kamu tidak tahu apa itu Google Analytics, belum menginstalnya, atau telah menginstalnya tetapi tidak pernah melihat data kamu, maka artikel ini cocok banget loh buat kamu.

Meskipun sulit buat banyak orang untuk percaya, masih ada situs web yang tidak menggunakan Google Analytics (atau analitik apa pun, dalam hal ini) untuk mengukur traffic mereka. Dalam artikel ini, OKEGUYS akan melihat Google Analytics dari sudut pandang pemula .

Mengapa kamu membutuhkannya

mengenal-google-analytic

Apakah kamu punya blog Atau memiliki situs web ? Jika jawabannya ya, apakah itu untuk penggunaan pribadi atau bisnis, maka kamu membutuhkan Google Analytics. Berikut adalah beberapa dari banyak pertanyaan tentang situs web yang dapat kamu jawab menggunakan Google Analytics.



  • Berapa banyak orang yang mengunjungi web atau situs
  • Tempat tinggal para pengunjung
  • Apakah kamu memerlukan situs web di mobile yang simple?
  • Situs web apa yang mengirimkan traffic ke situs web kamu?
  • Taktik pemasaran apa yang mendorong paling banyak melalu traffic situs web kamu?
  • Halaman mana di situs web kamu yang paling populer?
  • Berapa banyak pengunjung yang telah kamu ubah menjadi prospek atau pelanggan?
  • Dari mana asal pengunjung kamu yang berkonversi dan pergi di situs web kamu?
  • Bagaimana cara meningkatkan kecepatan situs web kamu?
  • Konten blog apa yang paling disukai pengunjung saya?

Ada banyak sekali pertanyaan tambahan yang mungkin belum saya tulis  dan dapat dijawab oleh Google Analytics, tetapi ini adalah pertanyaan yang paling umu buat kamu pemilik situs web. Sekarang  kita lihat bagaimana kamu bisa mendapatkan Google Analytics di situs web.

Bagaimana cara install Google Analytics

Pertama, kamu membutuhkan akun Google Analytics. Jika memiliki akun Google utama yang kamu gunakan untuk layanan lain seperti Gmail, Google Drive, Google Kalender, Google+, atau YouTube, kamu harus menyiapkan Google Analytics untuk akun Google tersebut.

Atau kamu perlu membuat yang baru. Ini harus menjadi akun Google yang ingin kamu simpan selamanya dan hanya kamu yang memiliki akses. kamu selalu dapat memberikan akses ke Google Analytics kamu kepada orang lain di masa mendatang, tetapi kamu tidak ingin orang lain memiliki kendali penuh atas itu.

Tips: jangan biarkan siapa pun (desainer web, pengembang web, host web, pakar SEO, dll.) Membuat akun Google Analytics situs web kamu dengan akun Google mereka sendiri sehingga mereka dapat “mengelolanya” untuk kamu.

Jika kamu dan orang ini berpisah, mereka akan membawa serta data Google Analytics nya nih Guys, dan kamu harus memulai dari awal, Galau deh kalau udah gitu kaya kehilangan kekasih kamu kan, eh maksudnya kehilangan mata pencaharian kamu loh Guys hehe.



Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password