Belajar Google Analytics: Cara Set Up Akun Dan Kepentingan Yang Dibutuhkan


OKEGUYS! Setelah kamu mengenal apa itu Google Analytics dan mungkin kamu tertarik untuk mencobanya, nah sekarang akan dijelaskan bagaimana cara set up akun kamu dan kebutuhan yang nanti akan di pakai di Google Analytics.

Persiapan Akun Dan Properti Yang Akan Dibutuhkan

Setelah kamu memiliki akun Google, kamu bisa langsung ke Google Analytics dan klik tombol Masuk ke Google Analytics. Kemudian akan disambut dengan tiga langkah yang harus dilakukan untuk menyiapkan Google Analytics.

tutorial-cara-google-analytics

Setelah kamu mengklik tombol Sign Up, lalu kamu akan mengisi informasi untuk website.



registrasi-akun-google-analytics

Google Analytics pada dasarnya mengatur akun kamu ,selain itu kamu juga bisa memiliki hingga 100 akun Google Analytics di bawah satu akun Google. Dan kamu juga  dapat memiliki hingga 50 properti situs web dalam satu akun Google Analytics. Serta kamu dapat memiliki hingga 25 tampilan dalam satu properti situs web.

Berikut Adalah Beberapa Skenarionya:

  1. Jika kamu memiliki satu situs web, kamu hanya memerlukan satu akun Google Analytics dengan satu properti situs web.

  2. Jika memiliki dua situs web, seperti satu untuk bisnis dan satu untuk penggunaan pribadi, Kamu mungkin ingin membuat dua akun, satu nama “123Business” dan satu lagi “Pribadi”. Kemudian kamu akan menyiapkan situs web bisnis di bawah akun 123Business dan situs web pribadi kamu di bawah akun Pribadi.

  3. Jika memiliki beberapa bisnis, tetapi kurang dari 50, dan masing-masing memiliki satu situs web, kamu mungkin ingin memasukkan semuanya ke dalam akun Bisnis. Kemudian miliki akun Pribadi untuk situs web pribadi.
  4. Jika kamu memiliki beberapa bisnis dan masing-masing memiliki lusinan situs web, dengan total lebih dari 50 situs web, kamu mungkin ingin menempatkan setiap bisnis di bawah akunnya sendiri, seperti akun 123Bisnis, 124 akun Bisnis, dan seterusnya.

Tidak ada cara yang benar atau salah untuk mempersiapkan akun Google Analytics — ini hanya masalah bagaimana kamu ingin mengatur situs. Kamu selalu bisa mengganti nama akun atau properti nantinya.

Perhatikan bahwa kamu tidak dapat memindahkan properti (situs web) dari satu akun Google Analytics ke akun lainnya — kamu harus menyiapkan properti baru di bawah akun baru dan kehilangan data historis yang kamu kumpulkan dari properti asli.

Untuk panduan pemula, OKEGUYS akan menganggap kamu memiliki satu situs web dan hanya perlu satu tampilan (default, semua tampilan data. Penyiapannya akan terlihat seperti ini.



google-analytics-dasar-pemula

Di bawahnya, kamu akan memiliki opsi untuk mengkonfigurasi di mana data Google Analytics kamu dapat dibagikan.

kebutuhan-google-analytics


Begitulah cara untuk mempersiapkan akun Google Analytics kamu, dan cara menyiapkan properti atau kebutuhan apa saja yang akan di pakai di web kamu pastinya ya.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password