Nintendo Switch Bukti Gak Semua Konsol Handheld ‘Still Exist’!


OKEGUYS! Lagi-lagi Nintendo Switch bikin onar!

Setelah beberapa waktu lalu sempat bikin gamer-gamer Indonesia harus bobol celengan untuk bisa mendapatkan unit-nya, kini Nintendo Switch bikin banyak orang berpikir ‘Kenapa dari sekian banyak konsol handheld, cuma Nintendo Switch yang masih eksis?’

Kamu semua pasti menanyakan hal yang sama, kan? Sebelumnya, kita flashback dulu ke era kemunculan awal konsol handheld.

 

Photo: flickr.com



Kalo kamu berpikir konsol handheld adalah Gameboy, dapat dipastikan kamu masih berumur 20 atau 30 tahunan. Karena konsol handheld pertama kali muncul pada tahun 1979, dirilis dengan nama MicroVision BlockBuster.

Sayangnya, konsol handheld ini harus berhenti produksi lantaran banyak kelemahan, salah satunya mengonsumsi daya yang besar banget. Ya untuk jamannya, konsol ini terbilang boros lah!

Sebenarnya, banyak konsol handheld selain Nintendo Switch yang ikut bersaing di pasaran. Seperti PSVita, PSP, Nvidia Shield dan Nintendo DS.

Semuanya keren, tapi Nintendo Switch paling berani muncul sembari ngomong “Sorry bos, minggir dulu ya”. Bagai abang-abangan tongkrongan, semua konsol handheld lainnya mau gak mau harus mundur pelan-pelan.

 



Photo: nintendo.com

Tapi secara spesifikasi, wajar sih Nintendo Switch jadi ‘Si Paling Eksis’. Nintendo Switch punya teknologi yang lebih maju daripada yang lainnya, bahkan sekelas Nvidia pun masih berkutat pada Android, sedangkan smartphone punya Android yang lebih menarik.

Konsol handheld lainnya juga masih banyak yang punya design yang gak relevan dengan eranya, seperti PSP yang terlalu futuristik di eranya atau Nintendo DS yang sekilas mirip communicater khas intel polisi.

Jadi gak heran lah ya kenapa Nintendo Switch bisa jadi konsol handheld yang paling eksis sejauh ini, tapi jangan besar kepala dulu wahai Nintendo Switch. Mungkin aja di masa depan, PSP bisa lebih unggul karena dia punya design yang futuristik.

Kalau iya, berarti PSP bukan salah bikin design nih, emang dia lebih visioner!



Terlepas dari sudut pandang yang OKEGUYS tulis, tentunya tiap konsol handheld punya kelebihan dan keunggulannya masing-masing, kita harus mengapresiasi hasilnya dan mengakui bahwa . . .

Emang Nintendo Switch keunggulannya lebih banyak (baca dengan nada Coki Pardede) hahaha!

Pakar Perdesignan Duniawi

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password