5 Cara Menghemat Pada Kuota Internet


OKEGUYS! Saat ini kamu pasti sering banget menggunakan jaringan internet.

Ya memang sudah menjadi kebutuhan utama banyak orang sekarang Guys, khususnya kamu para millennial dan gen-z.

Semakin berkembangnya teknologi jaringan internet, jelas membuat orang secara otomatis akan terus menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tanpa kamu sadari, saat untuk bermain game online, mengerjakan tugas, sosial media, kerja dan lainnya sudah menggunakan sebuah jaringan internet lho.



Nah, walaupun sekarang semuanya udah serba internet, kali ini OKEGUYS akan berikan 5 cara untuk menghemat kuota internet untuk kamu Guys.

Cara Menghemat Kuota Internet

Menghemat internet

Photo: smart-telecom.co.id

Berikut ini adalah 5 cara menghemat kuota internet:

1. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi

Banyaknya akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada ponsel kamu, menyebabkan kuota internet kamu terambil secara langsung tanpa kamu sadari loh Guys.

Nah kamu bisa lho mengatasi boros kuota dengan mematikan atau nonaktifkan fitur sinkronisasi otomatis pada beberapa akun yang kamu jarang digunakan.



Caranya gampang nih guys!

Kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > selanjutnya pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasi. Dengan cara ini, kamu akan bisa menghemat kuota data yang kamu miliki dengan baik Guys.

2. Batasi Penggunaan Data Pada Aplikasi

Selain cara di atas, kamu juga bisa membuat pembatasan penggunaan data pada aplikasi atau layanan yang ada untuk membuat pengematan kuota.

Pada beberapa aplikasi memang terdapat opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan datanya sendiri.

Untuk cara pengaturannya kamu bisa akses melalui menu setting pada aplikasi yang ingin kamu atur. Seperti contoh pada aplikasi Google Photos, kamu bisa buka menu Settings > Back Up & Sync untuk dapat melihat opsi penghematan data.



3. Batasi Pengguna Data di Background

Selanjutnya untuk mematikan penggunaan data di background ini kamu bisa masuk pada menu Settings > Data Usage > pilih tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK.

Dengan hal ini kamu akan dapat menghemat kuota internet kamu dengan baik, namun resikonya kamu akan ketinggalan notifikasi dengan cepat.

4. Batasi Update pada Aplikasi

Kamu pasti udah tau bahwa update aplikasi otomatis emang bikin boros kuota banget.

Nah untuk mengatasi hal yang satu ini, kamu bisa mengubah pengaturan update aplikasi dengan cara saat perangkat terhubung  dengan WiFi yang gratis.

Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk pada Google PlayStore dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

5. Gunakan dengan Cara Menggunakan Aplikasi Kompresi Data

Cara yang terakhir ini, kamu dapat menggunakan sebuah aplikasi yang bisa melakukan kompresi data untuk menghemat kuota internet.

Salah satu aplikasi untuk menghemat kuota adalah Onavo Extend, aplikasi ini bekerja dengan cara menganalisa semua aplikasi yang ada pada perangkat Android kamu.

Selain itu juga, untuk menangani kuota ini, kamu juga bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi baru akan update data hanya pada saat ponsel kamu terkoneksi dengan WiFi.

Untuk mengaktifkannya, cobalah untuk masuk pada Google PlayStore dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Nah itulah cara untuk menghemat kuota internet, kamu bisa pilih salah satu dari beberapa cara yang ada di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang keborosan kuota internet, selamat mencobanya ya Guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password