Beginilah Cara Mengatasi ‘App Not Installed’ di Android


OKEGUYS! Pernahkah kamu mendapatkan pesan ‘App not installed,’ atau ‘Error parsing file’ pada saat selesai meng-install aplikasi baru di smartphone?

Pastinya hal ini ngeselin banget ya, terlebih lagi bagi para pengguna yang masih kurang paham hal tersebut.

Namun bagi yang sudah mengerti, mungkin hal ini hanyalah masalah yang tidak terlalu serius, namun tetap aja bikin pengen ngeluarin ekor sembilan.

Masalah kayak gini ternyata masih bisa diperbaiki dengan mudah loh Guys, dan tidak memerlukan skill dan pengalaman yang hebat.



Hal yang perlu kamu pahami dari masalah ini adalah, pesan tersebut biasanya akan muncul apabila kamu mencoba untuk meng-install aplikasi dari luar Google Playstore. Mungkin ini bisa jadi judul sinetron keren, “Azab Nginstall Aplikasi Ilegal, Kuota Terbuang Percuma”.

Pada peraturan awal di smartphone kita, sistem Android biasanya akan mencegah kita untuk meng-install sebuah aplikasi unknown sources, kenapa?

Hal tersebut tentunya dilakukan demi keamanan pada ponsel kita. Namun jika kamu sangat ingin meng-install aplikasi itu, caranya adalah menonaktfikan pengaturan awal tersebut.

Kamu hanya perlu masuk ke menu Security dan melakukan tap pada Off di sebelah kata Unknown sources, atau kalian juga dapat mencoba solusi lainnya seperti:

app not installed



Solusi Cara Mengatasi Pesan Error App not installed.

1. Reboot Handphone Kamu

Ini mungkin adalah “jalan ninja” yang akan ditempuh oleh banyak orang, mungkin kamu salah satunya. Karena, dengan me-reboot handphone kamu juga akan me-refresh memory dan RAM kamu serta system kamu.

Sehingga membantu handphone untuk bisa bekerja secara normal kembali. Mungkin kalau kinerja kamu juga melambat, kamu bisa coba untuk respawn. Kali aja jadi semangat lagi kan!

2. Bersihkan Memory Kamu

Hapus lah aplikasi-aplikasi serta file yang sekiranya sudah jarang dipakai atau memang tidak kamu perlukan lagi. Udah deh, foto-foto kenangan sama doi dulu hapus aja, toh gak ada harapan lagi kan?



Membeli memory dengan kapasitas yang lebih besar juga bisa menjadi opsi bagi kamu.

3. Hapus Versi Lama Aplikasi Tersebut
Jika kamu memang meng-install aplikasi yang sebelumnya sudah terdapat versi lamanya di handphone kamu, maka kamu harus menghapus yang lama terlebih dahulu agar tidak sampai terjadi adanya konflik. Udah lah, move on dari aplikasi aja masa gak bisa.

4. Cek Kualitas APK
Pastikanlah agar kualitas APK yang akan kamu install tersebut sudah benar-benar ter-download atau tercopy dengan sempurna agar tidak sampai dimunculkan pesan error.

5. Periksa Tempat Install
Biarkan system yang mengatur tempat meng-install agar tidak sampai terjadi crash. Kecuali, jika kamu memang sudah yakin, barulah kamu akan bisa mengaturnya secara manual.

6. Periksa Versi OS Kamu
Cek kembali, apakah OS kamu sudah compatible dengan aplikasi tersebut. Biasanya, informasi tersebut akan tersedia di bagian detil dari aplikasi tersebut pada Google Play Store.

7. Periksa SD card
Pastikanlah agar SD card sudah benar-benar dimasukkan dengan sempurna dan tidak berkerak karena akan berbahaya bagi system saat meng-install aplikasi.

Jika Solusi di atas masih belum menyelesaikan masalah App not installed, maka OKEGUYS menyarankan untuk menjual handphone kamu, hehe becanda deng. Cobalah backup semua file yang ada di ponsel kamu.

Lalu lakukan format SD card serta reset pada handphone kamu, untuk kembali ke Factory Settings karena kerusakannya dikhawatirkan sudah masuk sampai ke system utama.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password