5 Cara Mengatasi Bug Aplikasi di Android


Cara menghilangkan bug pada aplikasi android sangat penting bagi developer. Sayangnya menghapus satu bug sering memunculkan bug lainnya. Namun masih ada berbagai solusi untuk dilakukan.

Kali OKEGUYS akan merangkumkan beberapa solusi yang cukup mudah untuk menjadikan aplikasi android yang kamu kembangkan menjadi tanpa bug dan lebih user friendly.

5 Cara Menghilangkan Bug pada Aplikasi Android

Ada banyak cara yang dapat dipilih untuk mencari dan menghapus bug pada sebuah software aplikasi. Namun ada 5 cara terbaik yang mungkin paling efektif diantara cara yang lain.

Cara ini tanpa menimbulkan masalah ketika proses mencari dan memperbaiki bug tersebut. Cara-cara tersebut antara lain adalah:



1. Telusuri Seluruh Script

Masalah bug 70% disebabkan oleh adanya script yang tidak lengkap, atau ada script yang salah penempatan.

Sayangnya menelusuri script yang error bisa memakan waktu sampai beberapa hari. Agar tidak membuang-buang waktu, kamu bisa mencari aplikasi untuk melakukan scan script pada aplikasi android kamu.

Biasanya kesalahan ini meliputi kesalahan penulisan sintax, kesalahan saat run time, dan kesalahan logika.

2. Perbaiki Script atau Kode yang Salah

Setelah melakukan scan dan script penyebab bug ditemukan, maka script pada bagian tersebut bisa dihapus lalu diperbaiki. Setelah mencoba melakukan testing cari tahu apakah bug masih muncul.

Jika bug masih muncul, maka kemungkinan masalah tersebut bukan karena salah script, kemungkinan karena ada script yang tertiban atau tidak terbaca. Cari tahu bagian mana yang scriptnya saling bersinggungan dan menyebabkan loop error.



Jika masalah yang muncul adalah bug baru, maka kemungkinan besar masih ada kode dan script yang tidak pass. Solusinya bisa dengan melakukan scan ulang.

3. Bertanya di Forum

Jika masalah masih belum terselsaikan juga, cobalah tanyakan di forum, biasanya ada beberapa programer dan developer yang memiliki kendala yang sama dan berhasil menyelesaikan masalah tersebut.

Jika solusi yang mereka berikan berhasil, jangan lupa untuk memberikan kredit berupa ucapan terimakasih, bisa dengan memberikan reputasi forum, atau bisa dengan memberikan reward lain yang menurut kamu pantas.

4. Perbaiki dengan Debugger

Debugger adalah aplikasi khusus yang memungkinkan programmer untuk menghentikan eksekusi program di baris tertentu (breakpoint), memeriksa nilai dari variabel/objek, kemudian melanjutkan eksekusinya baris per baris. Debugger adalah solusi yang tepat untuk menentukan di mana penyebab masalah dan langsung menyelesaikan masalah tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika memang masalah sudah selesai dengan debugger, pastikan untuk melakukan pengecekan ulang. Tujuannya adalah untuk memastikan ada tidaknya masalah baru pada aplikasi android.



5. Jasa App Development dari Sobat Teknologi

Jika keempat cari di atas masih belum bisa menyelesaikan masalah anda, kemungkinan ada banyak kontradiksi pada script aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, dibutuhkan team developer yang memang berpengalaman dan mampu fokus dalam perbaikan aplikasi.

Kalian dapat mencoba 5 cara tersebut, yang mungkin salah satunya akan membantu kamu dalam mengatasi masalah bug aplikasi di Android kamu.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password