Cara Membuat Sitemap WordPress Melalui Plugin dan Webmaster


OKEGUYS – Kali ini saya ingin membahas, bagaimana cara membuat sitemap WordPress dengan cara mudah dan tidak membingungkan.

Apa itu sitemap? Sitemap adalah suatu file yang berperan sangat penting, untuk menyediakan informasi secara detail semua prihal halaman dan konten website kalian, kepada mensin pencari atau search engine.

Sitemap atau yang disebut peta situs ini menggunakan navigasi, organisasi, dan labeling system untuk membantu google dan search engine lainnya agar lebih mudah dan kompeten menelusuri atau mengcrawling situs kalian.

Seperti yang kita ketahui sitemap cukup penting untuk sebuah situs website. sitemap juga akan sangat menguntungkan jika sebuah website memilikinya, mengapa?



Karna peta situs itu layaknya sebuah undangan bagi crawler, dan berperan sebagai index yang meyeluruh diwebsite. Kalian juga harus mengetahui bahwa ada dua jenis sitemap yaitu HTML dan XML.

Dua jenis sitemap tersebut, masing-masing memiliki nilai dan kegunaanya sendiri dalam hal SEO (Search Engine Optimization).

Sitemap XML, berperan untuk memastikan agar sebuah URL website yang didaftarkan muncul dan terindeks oleh crawler mesin pencarian Google.

Sitemap HTML, berfungsi untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi isi website, contohnya seperti memudahkan kalian mencari sesuatu artikel yang ingin kalian baca.

Kalian juga wajib tahu dalam sitemap, jangan lupa untuk membuat sitemap dari setiap gambar yang ada. Kenapa? Karna hal tersebut juga dapat meningkatkan pringkat website kalian pada hasil pencarian berbasis image atau gambar.



Sitemap gambar juga meliputi sebagian nama yang besifat SEO-friendly seperti alt name, image caption, dan alt name. Buatlah keyword yang relevan dan bersangkutan dengan artikel atau konten yang kalian publish.

Oke jika kalian sudah memahami apa itu Sitemap, mari kita lanjut untuk cara pembuatannya. Disini saya akan memberitahu kalian 2 cara untuk membuat sitemap tersebut, yaitu melalui plugin wordpress dan Webmaster (Google Search Console). berikut ulasan lengkapnya.

Membuat Sitemap WordPress Dengan Plugin

Dengan WordPress kalian tidak perlu bingung untuk membuat sitemap tersebut, karna WordPress memiliki caranya sendiri untuk membuat hal tersebut.

Kalian hanya perlu menginstal plugin “Yoast SEO” untuk membuatnya, berikut langkah-langkahnya:

1. Login terlebih dahulu kedalam dashboard WordPress kalian, lalu pilih menu Plugin>add plugin>ketik keyword Yoast SEO pada kolom search>install Yoast SEO.



Cara membuat sitemap wordpress

2. Setelah selesai menginstall plugin tersebut, selanjutnya kalian pilih menu SEO>General pada dashboard WordPress kalian, dan pilih tab Features.

3. Cari menu Sitemap XML, lalu kalian centang atau On pada opsi tersebut. Kemudian klik link See the XML Sitemap untuk melihat sitemap XML dari laman website kalian.

sitemap wordpress

4. Setelah kalian klik link tersebut, kalian akan diarahkan ke halaman yang mengandung daftar URL sitemap dari website kalian.

Cara Sumbit Sitemap Melalui Google Search Console (Webmaster)

1. Pertama-tama kalian kunjungi Webmaster terlebih dahulu, lalu login atau buat akun baru jika kalian belum memilikinya.

Cara membuat sitemap wordpress di webmaster

2. Jika sudah berhasil login, lalu kalian pilih menu index Sitemap. Kemudian masukan Url sitemap website kalian, lalu klik Sumbit untuk mengirimnya. Seperti Gambar berikut.

3. Selesai, Sitemap situs kalian sudah terdaftar, dan akan diproses oleh Google. Proses tersebut membutuhkan beberapa hari, untuk menerima permintaan kalian dan mulai menelusuri atau mengcrawling website kalian.

Kesimpulan

Sitemap juga bisa digunakan untuk semua jenis website, dan bertujuan untuk membuat website yang user-friendly. Seperti yang kita ketahui sitemap berkontribusi besar yang membuat website kita lebih mudah di indeks dan ditelusuri.

Itulah, penjelasan dan cara membuat sitemap wordpress melalui dua cara. Selamat mencoba.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian ya geng. Dan jangan lupa ikuti terus artikel tutorial seputar website hanya di OKEGUYS.COM.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password