Cara Memasang Code Google Analytics ke WordPress


Berbicara soal Google Analytics, sudah tidak asing lagi untuk para Develoment, Namun dari sebagian orang masih belum mengerti, khususnya buat para pemula.

Google Analytics adalah mesin pelacak untuk menganalisis sebuah website, agar si pembuat situs tau berapa pengunjung yang datang ke situ website kalian dan artikel apa yang sedang dibaca.

Kalian juga bisa menganalisis traffic pada website kalian, dan dari mana sumber traffic tersebut. Mengetahui artikel apa saja yang di sukai oleh para pengunjung. Dengan itu kalian bisa merancang dan membuat konten yang lebih bagus lagi untuk para pengunjung situs.

Kenapa Google Analytics Sangat di Butuhkan Oleh Website?

Kalian wajib tahu, apa saja kegiatan user pada website kalian, agar kalian dapat mengetahui kebutuhan apa yang disukai oleh pengunjung dalam situs kalian.



Nah, satu-satunya cara kalian harus menawarkan dan menyediakan apa yang mereka inginkan. Ini lah salah satu cara yang dilakukan oleh Google Analytics. Berikut beberapa ulasan mengapa kalian harus memakai dan memasang code Google Analytics ke WordPress kalian.

1. Dapat melacak kegiatan user atau pengunjung situs kalian.

Dengan memasang code Google Analytics kalian dapat melacak setiap kegiatan pengunjung situs secara vertikal. Dan kalian dapat memeriksa halaman, atau artikel apa yang paling banyak di kunjungi oleh para user.

Dari berapa rata-rata waktu yang di habiskan oleh pengunjung situs kalian. dan halaman apa yang tidak begitu menarik bagi pengunjung. Dengan begitu kalian akan membuat dan menulis konten sebanyak mungkin yang berkaitan dengan topik yang akan menaikan traffic.

2. Membantu kalian menganalisis waktu nyata pengunjung yang sedang aktif.



Memudahkan kalian untuk mengetahui pada jam berapa situs kalian banyak dikunjungi, jika situs kalian yang paling banyak dikunjungi pada waktu pagi, maka untuk menarik pengunjung, ada baiknya kalian post artikel kalian pada jam-jam tertentu dipagi hari.

3. Dapat mengetahui setiap rincian dan detail yang cukup penting

Kalian juga dapat mengetahui dari mana saja asal pengunjung tersebut, seperti, Negara, bahasa, hingga browser yang mereka gunakan, itu semua akan menjadi rincian-rincian penting untuk kalian pahami.

Mungkin informasi tersebut dapat membantu kalian, dalam mengetahui apa itu Google Analytics. Dengan itu kalian dapat memutuskan apakah perlu memasang code, dan mendaftarkan Google Analytics ke situs kalian.

Lalu bagaimana cara mendaftar, dan memasang code Google Analytics ke wordpress kita? Berikut tutorial lengkapnya:



Langkah 1 – Cara Daftar Google Analytics

1. Buka browser kalian lalu pergi ke halaman utama Google Analytics. Pilih menu Sign in pada halaman tersebut. Login dengan akun gmail kalian.

cara memasang code analytics

2. Klik tombol Sing Up untuk mendaftarnya.

cara-Daftar-Google-Analytics

3. Untuk membuat akun baru kalian harus mengisi setiap informasi berikut ini:

  • Accont Name (nama akun)
  • Website Name (Nama Website)
  • Website URL, pada kolom ini, isi link atau url website kalian
  • Industry Category (Catagory industri)
  • Reporting Time Zone, yang berarti zona waktu di negara kalian

daftar google analytics

5. Jika semua rincian sudah diisi langkah selanjutnya kalian klik tombol Get Tracking ID (Dapatkan ID Pelacakan) untuk mendapatakan Code Html dan Tracking ID seperti berikut.

cara-memasang-kode-google-analytics-ke-wordpress

Tracking ID dan code pelacak tersebut dapat kalian copy, untuk memasangnya pada situs kalian. Namun bagi kalian yang belum mengetahui cara memasang code pelacak, Berikut Tutorialnya.

Langkah 2 – Cara Memasang Code Google Analytics

Ada beberapa cara untuk memasangkan code Google Analytics yaitu melalu Plugin, PHP, dan cPanel, dan caranya pun cukup mudah untuk dilakukan, berikut ulasan lengkapnya:

Cara 1 – Memasang Code Google analytics Melalui Plugin

Bagi kalian yang mungkin masih belum begitu mengenal struktur file dan PHP WordPress, kalian bisa menggunakan cara ini, dengan memasang melalui plugin Analytics Code Integration.

Dengan memasang melalui plugin kalian hanya perlu menempel Tracking ID saja. Berikut cara memasang code Google Analytics melalui Plugin WordPress:

1. Login ke dashboard WordPress kalian, lalu install Plugin Google Analytics.

2. Setelah selesai copy Tracking ID kalian lalu kilik Setting > Google Analytics Code Tempel pada kolom tersebut lalu save, seperti gambar berikut.

cara install google analytics

3. Selesai, Tracking ID sudah terdaftar dalam Situs kalian.

Jika sudah berhasil memasangnya kalian tinggal menunggu code tersebut aktif, kemungkinan membutuhkan waktu 12-24 jam.

Cara 2 – Memasang Code Melalui header.php

Kali ini adalah cara yang berbeda dari yang sebelumnya, kalian juga dapat memasang Google Analytics Code melalui file theme header.php.

1. Seperti biasa Login wp-admin WordPress kalian terlebih dahulu, lalu arahkan mouse kalian ke menu Appearance > Editor.

memasang code

2. Buka header.php untuk mengedit dan memasukan kode, Jangan lupa untuk copy codenya terlebih dahulu.

3. Setelah itu tempelkan code tersebut ke header.php, pastikan kalian memasukkannya di dalam <head>CODE</head> Jika sudah lalu klik tombol Update File Seperti gambar berikut.

code

 

Jika terjadi masalah pada kode PHP, pastikan kalian sudah mengikuti langkah-langkah dengan benar.

Cara 3 – Memasang Code Melalui File Manager cPanel

Cara ketiga ini mungkin sedikit buat kalian, namun inilah cara yang paling efektif untuk memasang Google Analytic Code ke WordPress kalian. Cara ini hampir mirip dengan cara kedua namun berbeda metode.

1. Login akun cPanel kalian lalu pilih File Manager.

menaruh code google analytics

2. Setelah masuk ke dalam file kalian pilih public_html>wp-content>theme, lalu masuk ke file theme kalian seperti gambar berikut ini.

cara menaruh code analytics

3. Cari File Header.php>Klik Kanan pada file tersebut lalu pilih Edit.

cara menaruh code google analytics

4. Jika sudah berhasil masuk ke dalam menu header.php, tinggal kalian paste atau tempelkan Code tersebut. pastikan code di tempel seperti ini, <head>code</head>, Lalu klik tombol Save di pojok kanan atas.

Pastikan kalian memasang kode pada theme yang aktif, namun jika sewaktu-waktu kalian mengganti theme, kalian harus memasang ulang code tersebut.

Kesimpulan

Dengan memasangnya Google Analytics kalian dapat menganalisis segala hal pada situs kalian, dan membuat situs kalian jadi semakin berkembang. Semoga dengan tutorial ini, dapat membantu kalian, dan jangan lupa ikuti terus artikel seputar tutorial hanya di OKEGUYS.COM.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password