Tutorial Cara Mendaftarkan Website ke Google Serach Console


OKEGUYS – Bagi kalian yang sudah memiliki sebuah website, pastinya tidak asing dengan Google Search Console ya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu kalian cara mendaftarkan website ke Google Search Console.

Google Search Console, yang dulu biasanya disebut Webmaster ini, adalah tools yang disediakan oleh Google, untuk mementori sebuah website atau blog dalam pencarian organik.

Tools ini juga membantu kalian untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website kalian (Referring Domain), dan kalian juga bisa melihat kata kunci yang paling banyak diklik dan muncul dipencarian Google.

Selain itu Google Search Console juga dapat memlihat kerusakan dan akan memberitahu kalian, kerusakan apa yang dialami website kalian.



Sebelum masuk pembahasan tentang cara mendaftarkan website, ada baiknya kalian mengetahui tentang Google Search Console lebih dalam lagi, agar kalian lebih mengetahui apa itu Google Serach Console, berikut ulasannya.

Apa Itu Google Search Console?

Search Console atau yang disebut Webmaster, adalah tools gratis yang sudah disediakan oleh Google untuk para pemilik website, agar dapat melihat kinerja dan performa website yang dimiliki oleh mereka dalam pencarian organik Google.

Dengan Search Console kalian jadi lebih mudah dalam mengoptimalkan website, dengan akses alat dan data yang sudah disediakan langsung oleh mesin pencarian.

Jadi untuk kalian yang masih bingung cara mengoptimalkan website, tools ini akan sangat membantu kalian dalam pengelolaan data sehari-hari.

Manfaat Menggunakan Google Search Console

Mungkin kalian belum mengetahui beberapa manfaat Search Console untuk website kalian dan betapa pentingnya tools ini untuk website yang kalian bangun. Berikut manfaat Google Search Console :



  1. Mendapatkan notifikasi atau peringatan, jika website kalian mengalami kerusakan.
  2. Melihat kata kunci apa yang paling populer di Website kalian.
  3. Dapat Mengoptimasi website/konten dengan search Analytics.
  4. Dapat mengetahui adanya pengunjuk yang datang.
  5. Sumbit atau mengirim peta situs.
  6. Mengidentifikasi kerusakan link pada website.
  7. Melihat jumlah backlink yang masuk pada website.
  8. Mengetahui halaman yang paling populer di Website kalian.
  9. Mengetahui halaman yang sedang kunjungi oleh pendatang.

BACA JUGA: CARA MEMBUAT SITEMAP WEBSITE

Cara Mendaftarkan Website ke Google Search Console

Perhatikan beberapa langkah untuk mendaftarkan atau menambahkan website ke Search Console. Pastikan kalian sudah menyiapkan akun Gmail ya geng. Berikut langkah-langkahnya :

Langkah 1 – Daftar atau Login

Pertama-tama login dan daftar terlebih dahulu menggunakan akun Gmail yang sudah kalian siapkan tadi. jika kalian tidak tau untuk masuk ke halaman Search Console, kalian bisa copy link ini https://search.google.com/search-console.

Langkah 2 – Daftarkan Domain

Cara Mendaftarkan Website ke Google Search Console

 

Jika sudah berhasil masuk, selanjutnya masukan domain kalian di bagian kolom yang kiri “Domain”, masukan hanya nama domain saja tanpa harus Url lengkap. Seperti gambar berikut :



 

Langkah 3 – Tempelkan Code ke TXT Record

tutorial Cara Mendaftarkan Website ke Google Search Console

Setelah berhasil mendaftarkan domain kalian, nanti akan muncul code perintah untuk ditempelkan ke TXT record. Copy kode tersebut lalu tempelkan ke TXT record.

Langkah 4 – Verifikasi

Google-Search-Console

Jika sudah menempelkan kode tersebut, kalian kembail ke halaman Google Search Console, untuk memverifikasinya. klik pada bagian tombol verify/verifikasi.

Jika muncul Pop-up berwarna hijau dengan tulisan “Kepemilikan telah diverifikasi” berarti website kalian sudah berhasil didaftarkan. Seperti gambar berikut :


Nah, itulah cara mendaftarkan website ke Google Search Console atau Webmaster. Semoga berhasil geng, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Ohh iya, jangan lupa ikuti terus artikel seputar tutorial seru dan menarik hanya di OKEGUYS.COM.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password