Istilah SEO Yang Wajib Diketahui Oleh Pemula!


Pengertian SEO – Sebelum kita mengetahui tentang apa itu SEO? sebaiknya kamu harus tau dahulu tentang sejarah singkat dari SEO itu sendiri.

Menurut Danny Sullivan, digunakannya istilah Search Engine Optimization (SEO) pertama kali adalah pada 26 Juli 1997, dalam sebuah pesan spam yang diposting pada layanan internet bernama Usenet.

Usenet sendiri merupakan sistem diskusi Internet, yang dimana informasinya dapat didistribusikan secara global. Sistem diskusi berbasis internet ini, dikembangkan berdasarkan arsitektur serbaguna UUCP dengan nama yang sama.

PageRank sangat berpengaruh terhadap lalulintas sebuah website. Karena dengan menempati pagerank teratas, maka sangat besar kesempatan sebuah situs untuk mendapat pengunjung.



Sejarah Singkat SEO

Istilah dalam SEO Wajib Diketahui Pemula

Pada masa awal istilah SEO mulai digunakan, algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga sangat mudah untuk dimanipulasi.

Algoritma pencarian versi pertama menggunakan informasi yang tersedia di webmaster, berdasarkan meta tag  yang terdapat pada kode HTML di setiap halaman website.

Meta tag sendiri, memiliki ringkasan informasi terkait konten artikel yang disajikan oleh setiap website, seperti kata kunci dan meta deskripsi.

Namun sayangnya, para pemilik website kemudian banyak melakukan siasat, untuk memenangkan pagerank dengan cara yang tidak sprortif.



Tak sedikit dari para pemilik website yang melakukan manipulasi kata kunci (keyword) pada meta tag.

Manipulasi kata kunci pada meta tag inilah, yang kemudian membuat hasil pencarian mesin pencari menjadi tidak relevan, dan cenderung menyesatkan pengunjung website.

Namun secara berkala, algoritma mesin pencari sudah semakin ditingkatkan, untuk menghasilkan pencarian yang memang sesuai dengan yang dicari oleh pengguna.

Bahkan hingga saat ini, algoritma tersebut masih terus ditingkatkan dan disempurnakan, sehingga setiap beberapa bulan sekali akan ada update algoritma.

Itulah sejarah singkat mengenai SEO guys!



Mungkin sebagian blogger ataupun pemilik website, sudah banyak yang paham tentang pengertian SEO.

Namun, bagi para pemula di dunia internet, tentu saja masih banyak yang belum mengetahui tentang tahap-tahap belajar SEO, serta beragam istilah yang sering digunakan dalam SEO.

Maka dari itu, disini saya akan memberikan informasi secara lengkap terkait istilah SEO, berikut ini:

Apa Itu SEO? Inilah Istilah SEO Buat Pemula

Istilah dan Tujuan SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis, untuk meningkatkan volume dan kualitas kunjungan pada halaman website.

Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah halaman website pada posisi teratas, berdasarkan kata kunci yang dicari oleh pengunjung pada mesin pencari.

Secara logika dapat disimpulkan, halaman situs yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian, memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Pentingnya SEO dalam urusan pemasaran, membuat banyak pihak yang menawarkan jasa SEO atau optimasi mesin pencari, dengan kisaran tarif yang bervariasi.

 

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Search Engine Optimizatin (SEO), ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu istilah-istilah yang sering digunakan dalam SEO.

Berikut ini adalah istilah penting dalam SEO yang wajib diketahui oleh pemula, yang ingin mencoba peruntungan di dunia internet:

Anchor Teks (Anchor Text)

Pengertian Anchor Teks dalam SEO

Anchor teks adalah istilah di dunia SEO untuk kata yang disematkan sebuah hyperlink, atau yang biasa disebut sebagai jangkar untuk link.

Anchor teks sendiri mengarah pada sebuah halaman website, yang alamat URL-nya disisipkan ke dalam sebuah kata kunci jangkar.

Anchor teks berguna untuk meningkatkan peringkat blog atau website, dan cukup berpengaruh untuk meningkatkan Page Authority (PA) serta Domain Authority (DA).

Penggunaan anchor teks ini harus selalu terlihat alami, dan tidak boleh berlebihan, agar tidak terkesan melakukan Link Stuffing.

Tag Judul (Title Tag)

Pengertian Title Tag atau Tag Judul dalam SEO

Tag judul atau Title Tag adalah judul halaman yang nampak pada tab browser, ketika kamu membuka sebuah laman web.

Menurut sudut pandang SEO, judul tag sangat membantu dalam mengidentifikasi halaman blog atau website pada mesin pencari.

Jadi, buat kamu para blogger atau pemilik website pemula, sangat disarankan membuat sebuah halaman judul yang singkat, padat, jelas, dan relevan pada masing-masing laman.

Deskripsi Meta (Meta Description)

Pengertian Meta Deskripsi dalam SEO

Deskripsi meta tag html biasanya berisi sedikit gambaran, dari setiap artikel yang dimiliki halaman blog atau website.

Penggunaan deskripsi meta yang relevan dengan judul dan isi artikel, akan sangat berpengaruh untuk memperbesar peluang, agar artikel bisa menempati pagerank teratas di mesin pencari.

Strategi cara menulis meta deskripsi ini termasuk dalam beberapa teknik optimasi SEO On Page.

SERP

Pengertian SERP dalam SEO

Search Engine Result Page atau biasa disebut SERP adalah urutan ranking atau peringkat website dan blog, yang terlihat di halaman mesin pencari (search engine).

Posisi rangking pada SERP tidak selamanya sama, karena hasil SERP bisa berubah-ubah, tergantung dari kualitas masing-masing artikel yang ditampilkan.

Keyword Atau Kata Kunci

Pengertian Kata Kunci atau Keyword Teks dalam SEO

Keyword atau kata kunci sangat penting dalam melakukan optimasi SEO.

Keyword adalah beberapa susunan kata yang menggambarkan atau merujuk kepada layanan, merek, ataupun produk yang ditawarkan pada sebuah laman website.

Kata kunci berfungsi untuk membantu pencarian, dan identifikasi halaman website yang kamu miliki.

Jadi, biasakan menulis keyword yang relevan dengan judul artikel, ataupun isi konten secara keseluruhan.

Namun, perlu kalian ingat adalah bila terlalu banyak penggunaan kata kunci atau keyword dalam suatu artikel, maka mesin pencari dapat mengganggap itu sebagai spam ataupun stuffing keyword.

Indexing

Pengertian Indexing dalam SEO

Indexing berguna dalam pengumpulan serta penyimpanan data dari semua laman web, baik website yang sudah lama ataupun sebuah website baru.

Mesin pencari nantinya akan secara terus menerus melakukan perayapan, untuk mencari tahu apakah ada website yang diperbaharui atau tidak.

Hasil perayapan ini, nantinya akan dimasukkan dan disimpan ke dalam database mesin pencari.

Perlu kamu ketahui, bahwa website atau blog yang di-update secara terus menerus, akan lebih mudah untuk di-index dan ditampilkan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain.

Link

Pengertian Link dalam SEO

Menurut beberapa ahli SEO yang sudah berpengalaman di bidang Digital Agency, setidaknya ada dua jenis link yang berkaitan dengan pembahasan SEO.

Jenis link tersebut adalah link Internal dan link eksternal.

Link internal adalah sebuah link yang terdapat di halaman website atau blog. Link internal biasanya disematkan URL yang menuju ke laman lain di dalam website yang sama, atau diarahkan kembali ke halaman sedang dibuka.

Sedangkan link eksternal adalah sebuah link yang menghubungkan satu website dengan website lainnya, yang berbeda domain.

Sangat disarankan untuk menyematkan link secara terorganisir, agar nantinya dapat meningkatkan peluang penemuan halaman website atau blog kamu pada mesin pencari.

Rel = “Author” Tag

Pengertian Author Tag dalam SEO

Tag ini memiliki fungsi untuk menghubungkan sang pemilik blog atau website dengan profil sosial media miliknya.

Penyematan link sosial media author pada laman website, berguna untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung.

Karena dengan begitu, pengunjung jadi yakin bahwa, situs yang mereka kunjungi meyajikan infomasi yang faktual, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Rel Canonical

Pengertian Rel Canonical dalam SEO

Rel Canonical adalah link yang akan menentukan prioritas, dari beberapa halaman website di mesin pencari.

Link canonical ini dapat menentukan dan mendahulukan halaman mana dari website kamu, yang akan didahulukan untuk ditampilkan pada mesin pencari.

Redirect

Pengertian Redirection dalam SEO

Redirect berguna untuk mengalihkan pengunjung dari satu halaman web yang sudah tidak aktif, ke halaman pengganti yang masih aktif.

Biasanya perintah redirect ini, digunakan ketika ada satu halaman yang dihapus dari website. Jika pemilik website sudah membuat laman pengganti yang lebih up-to-date, maka URL halaman yang lama perlu di-redirect ke URL halaman yang baru.

Jika ada pergantian URL pada salah satu halaman situs kamu, sebaiknya segera lakukan redirection, agar mesin pencari dapat mengarahkan pengunjung ke halaman yang aktif.

Nah, bagi kalian yang sudah paham SEO dan sedang ingin menjalankan jasa SEO sendiri, tentunya istilah diatas perlu kalian ketahui ya guys!

Oiya, sebenarnya masih banyak lagi loh istilah SEO lainnya, berjalannya waktu artikel ini akan diperbaharui kok.

Jika kalian menemukan istilah SEO lain yang belum ada dalam artikel ini, jangan sungkan untuk memberikan tambahan di kolom komentar ya guys, agar pembaca lainnya dapat manfaat yang lebih banyak lagi.

Tags:

SEO Lead
Whatever you want to achieve fight and pray then surrender to God all

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password