Pengertian Blogger (Blogspot) dan Fungsinya


Pengertian Blogger – Istilah Blogspot mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para penggiat internet, khususnya mereka yang aktif membuat tulisan-tulisan di internet.

Namun bagi mereka yang baru mempelajari hal-hal seputar dunia internet dan blogging, mungkin Blogspot masih menjadi barang baru bagi mereka.

Meskipun sebenarnya platform layanan blogging ini sudah ada sejak sekitar tahun 1999, dan sempat menjadi platform blogging favorit di masanya.

Apa Itu Blogger (Blogspot)?

Apa itu Blogspot atau Blogger

Img src: Freepik



Sebagian orang yang baru terjun ke dunia internet, pasti masih bertanya-tanya tentang apa itu Blogspot atau Blogger?

Pada dasarnya Blogspot atau Blogger adalah layanan blogging yang mengizinkan setiap orang untuk mengunggah dan mempublikasikan tulisan mereka, pada laman website yang menggunakan sub-domain blogspot.com.

Secara bahasa, Blogger artinya adalah orang-orang yang melakukan aktifitas blogging, yaitu orang yang membuat tulisan-tulisan di web blog atau situs micro blogging.

Setiap web blog yang dibuat menggunakan Blogger, secara otomatis akan menggunakan sub-domain Blogspot.com sebagai URL website-nya.

Contoh: situskamu.blogspot.com



Tapi sekarang, para pemilik blog sudah bisa menggunakan domain khusus, sebagai alamat URL website mereka. Sehingga mereka tidak perlu lagi menggunakan sub-domain blogspot.com, untuk URL website-nya.

Contoh: situskamu.com, situskamu.net, situskamu.org

Sejarah Blogger (Blogspot)

Blogger sendiri merupakan layanan blogging ternama, yang pada awalnya dikembangkan, dan diluncurkan pertama kali oleh Pyra Labs pada 23 Agustus 1999.

Setelah cukup ternama dan banyak diminati oleh para penggiat blog, akhirnya layanan blogging ini dibeli oleh Google pada tahun 2003, dan sampai saat ini Blogspot.com berada di bawah asuhan Google.

Pada awalnya, Blogger memiliki fitur-fitur premium yang dikomersialisasikan oleh Pyra Labs. Tapi setelah diakuisisi oleh Google, semua fitur premium tersebut kini sudah bisa digunakan secara gratis.



Fungsi Blogger (Blogspot)

Fungsi Blogger atau Blogspot

Img src: Freepik

Fungsi Blogger atau Blogspot sebenarnya untuk berbagi tulisan-tulisan, berupa cerita, tips, dan tutorial yang bisa dibagikan ke semua pengguna internet di seluruh dunia.

Dahulu, fungsi Blogger ini lebih mirip dengan sosial media seperti Facebook . Karena setiap pemilik Blog bisa berbagi pengalaman atau cerita mereka, ke dalam sebuah tulisan atau artikel.

Setiap tulisan yang dibuat oleh pemilik blog, juga bisa dipercantik dengan menambahkan file media berupa gambar ataupun video.

Para pemilik blog juga bisa saling mengikuti satu sama lain, dan saling mengomentari artikel atau tulisan yang mereka buat.

Aktifitas saling berkunjung ke web blog orang lain, biasa dikenal dengan istilah Blog Walking. Dari aktifitas inilah, dahulu para pemilik blog bisa saling mengenal satu sama lain.

Namun seiring berjalannya waktu, kini Blogspot juga bisa menjadi media penghasil uang. Karena saat ini banyak Blogger yang memonetasi web blog mereka, menggunakan Google Adsense ataupun layanan kerjasama iklan lainnya.

Itulah sekilas pengenalan tentang pengertian Blogger atau yang biasa dikenali dengan Blogspot.

Pada kesempatan berikutnya izinkan saya untuk membagikan tutorial tentang cara membuat blogspot gratis.

Semoga artikel pengenalan Blogger ini bermanfaat, dan sampai ketemu lagi pada artikel berikutnya.

Tags:

SEO Manager | OKEGUYS
Tech enthusiast who are also interested in movie and music.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password