Cara Membuat Web Blog dengan Blogspot (Blogger)


Web blog biasanya menyajikan konten artikel, yang menceritakan berbagai macam informasi ataupun kegiatan yang dilakukan oleh pemilik blog.

Tak jarang para pemilik blog juga membagikan tips-tips bermanfaat, kepada para pembaca blog mereka.

Tips-tips yang mereka bagikan pun beragam, mulai dari tips gaya hidup, tips kesehatan, tips seputar teknologi ataupun tips seputar masakan.

Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi seorang blogger, tentu saja artikel yang Okeguys sajikan ini, akan bermanfaat dan memberikan tambahan ilmu.



Karena, kali ini saya akan berbagi langkah demi langkah, terkait cara membuat blog sendiri menggunakan Blogspot atau Blogger.

Cara Membuat Blog dengan Blogspot

Membuat sebuah web blog sebenarnya cukup mudah. Kalian bisa membuat website blog menggunakan platform gratisan, seperti WordPress ataupun Blogspot.

Cara membuat blog dengan Blogspot pun sangat mudah. Kalian bisa membuat website secara gratis dengan platform yang telah disediakan oleh Google ini.

Kalian bisa menentukan sendiri nama blog dan nama domain, yang akan digunakan untuk membuat website secara gratis.

Nama domain adalah nama URL website yang digunakan untuk mengunjungi sebuah website. Biasanya nama domain diakhiri dengan .com, .net, .org, .id dan lain-lain.



Tapi jika kalian ingin membuat blog gratis dengan Blogspot, maka nama domain yang bisa kalian gunakan akan diakhir dengan .blogspot.com.

Untuk lebih jelasnya terkait cara membuat website di Blogspot atau Blogger, silahkan simak langkah-langkahnya berikut  ini.

Membuat Website dengan Blogspot

Pertama silahkan kunjungi www.blogger.com melalui browser, lalu tekan tomobol Create Your Blog. Kemudian kalian harus login menggunakan akun Google yang sudah kalian miliki.

Jika belum memiliki akun Google, maka kalian juga bisa membuat akun Google terlebih dahulu secara gratis.

Buat Blog Cara membuat blogspotSetelah masuk ke dalam dashboard Blogger, silahkan klik Buat Blog / Create Blog yang ada di sudut kiri atas.



Selanjutnya tulis nama blog yang ingin kalian buat. Gunakan kata-kata yang mudah diingat, dan menunjukan identitas dari blog yang akan kalian buat.

Nama blog ini masih bisa kalian ganti di kemudian hari, dan nama blog boleh sama dengan nama blog lain yang sudah ada sebelumnya.

Tulis nama dan alamat blogspotJika sudah menentukan nama Blog, kemudian tekan tombol Berikutnya.

Setelah itu, barulah kalian bisa menuliskan nama URL untuk blog kalian. Pastikan menggunakan nama URL yang mudah diingat, dan belum pernah digunakan oleh orang lain.

Pada tahap ini memang agak sulit menentukan nama URL Blogspot, karena sudah banyak sekali blog yang dibuat di Blogspot, dan menggunakan nama-nama yang sudah familiar.

Jadi kalian harus membuat URL blog dengan nama yang sangat unik.

Jika sudah menentukan nama URL, silahkan tekan tombol Simpan.

Perlu diingat, bahwa nama URL blog ini tidak bisa diganti, jika kalian sudah menekan tombol Simpan.

Dashboard Blogspot baru

Jika kalian sudah sampai pada tampilan seperti di atas, artinya kalian sudah berhasil membuat blog gratis dengan blogspot.

Gambar ini merupakan tampilan halaman dashboard Blogspot, yang bisa kalian gunakan untuk menulis artikel, ataupun membuat perubahan tampilan pada halaman web blog kalian.

Lihat blog yang sudah dibuatDi sebelah kiri layar, ada daftar menu navigasi yang menampilkan sejumlah menu. Menu-menu tersebut berguna untuk melakukan konfigurasi website blog kalian.

Jika kalian menggulirkan layar sebelah kiri tersebut sampai bawah, maka kalian bisa melihat menu Lihat Blog, yang berguna untuk melihat tampilan depan dari blog yang sudah kalian buat tersebut. 

Halaman depan blog dengan blogspot

Berikut adalah tampilan halaman utama dari website yang dibuat dengan Blogspot secara gratis. Tamplate atau tema yang digunakan adalah tema gratisan, yang sudah disediakan oleh pihak Blogger.

Jika kalian ingin mempercantik tampilan blog yang baru saja dibuat, maka kalian bisa download tema blogspot dari situs-situs pihak ketiga.

Banyak sekali situs penyedia tema blogspot yang bisa kalian coba, ada tema yang gratis dan ada juga tema yang berbayar atau harus membeli.

Bagi kalian yang penasaran ingin tahu lebih lanjut tentang cara mengganti tamplate blogspot, maka akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Karena pada artikel ini, saya hanya berfokus memberikan tutorial cara membuat blog gratis dengan Blogspot atau Blogger.

Baca Artikel Lainnya

Tags:

SEO Manager | OKEGUYS Tech enthusiast who are also interested in movie and music.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password