Yuk Lacak Penyebaran Virus Corona Lewat Applikasi PeduliLindungi


Aplikasi PeduliLindungi – Kementerian Komunikasi dan Informatika kini telah menciptakan sebuah aplikasi untuk melacak penyebaran wabah virus corona atau COVID-19. Aplikasi PeduliLindungi, aplikasi ini dapat kalian unduh di playstore atau lewat website pedulilindungi.id. Sayangnya aplikasi ini saat ini hanya tersedia bagi pengguna Android saja.

Aplikasi besutan kemenkominfo ini dibuat untuk mengawasi pasien corona di Indonesia. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat mampu secara bersama-sama memantau penyebaran virus corona atau COVID-19, apabila ada seseorang yang terinfeksi virus ini, maka orang tersebut akan terlacak.


Secara tidak langsung aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian, agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Cara Kerja aplikasi PeduliLindungi

Seperti yang dikutip di website pedulilindungi.id, aplikasi ini menggunakan data yang diproduksi oleh gadget kalian dengan Bluetooth aktif, untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Jika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang telah terdaftar di PeduliLingkungan, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Lewat pertukaran data yang dilakukan dengan koneksi Bluetooth ini, tim PeduliLingkungan akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif corona atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan). Kemudian dari tim PeduliLindungi akan kembali mengingatkan kalian jika kalian pernah kontak dengan penderita corona.

Privasi Data Pengguna

Pengembang aplikasi ini sangat menjamin kerahasiaan data pribadi pengguna baik yang sdah dinyatakan sebagai PDP atau ODP. Dan data pribadi kalian tidak akan disebar luaskan ke perorangan tertentu.

dilansir dari website pedulilindungi.id, “Data Kalian hanya akan diakses apabila kalian beresiko tertular virus corona dan perlu penanganan dari petugas kesehatan.”

Saat ini aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan atau dalam versi Beta, dan pihak pengembang yaitu PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. masih terus berupaya untuk meingkatkan dan menyempurnakan aplikasi ini.

Gimana guys? apalikasi ini sangat membantu kita ya, di situasi seperti sekarang ini. saat ini aplikasi masih berjalan lancar dan respon antar fitur juga cukup cepat, Namun aplikasi ini masih belum dapat dipastikan keakurataannya dalam memperingatkan pengguna yang sempat berkontak langsung dengan pasien Corona.

Full-time writer | OKEGUYS
A person who likes watching and really likes the world of design, motion, video editing, and writing.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password