WhatsApp Ungkap Cara Kerja Fitur Hapus Pesan Otomatis dalam 7 Hari


WhatsApp tengah menguji coba fitur terbarunya yang dapat menghapus pesan secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Fitur baru WhatsApp ini disebut Dissapearing Messages.

Menurut konfirmasi pihak WhatsApp di laman resmi FAQ WhatsApp, fitur hapus pesan otomatis WA tersebut dipastikan akan segera tersedia dalam pembaharuan aplikasi beberapa waktu ke depan.

Para pengguna perangkat iOS, Android, KaiOS, dan Desktop bisa memanfaatkan fitur itu untuk obrolan pribadi maupun percakapan di grup.

Nantinya, pengguna dapat mengirim pesan dan mengatur kapan pesan tersebut akan hilang secara otomatis dengan mengaktifkan fitur pesan sementara.



WhatsApp

Dalam versi tahap pengembangan, jangka waktu pesan akan menjadi kedaluwarsa yaitu selama 7 hari setelah pengguna mengaktifkan fitur hapus pesan otomatis tersebut. Artinya, pesan yang dikirim di chat akan hilang sendiri setelah 7 hari.

Setelan fitur pesan sementara bisa dinyalakan oleh setiap pengguna untuk chat pribadi. Sedangkan pada chat grup, hanya admin grup yang dapat menyalakan atau mematikan fitur tersebut.

Jika pengguna tidak membuka aplikasi WhatsApp selama 7 hari, maka pesan tetap akan terhapus. Tapi, pratinjau pesan mungkin masih bisa terlihat pada notifikasi layar ponsel.

Hal tersebut juga berlaku untuk pesan forward (yang diteruskan). Hanya, pesan forward tidak akan hilang dalam waktu 7 hari. Dengan catatan, fitur penghapus pesan otomatis (Dissapearing Messages) tidak diaktifkan.



Aplikasi WhatsApp

Sementara itu, untuk pesan backup, jika pengguna mencadangkan percakapan sebelum pesan hilang, maka pesan tersebut ikut tersimpan di file backup.

Kendati demikian, pihak WhatsApp mengimbau agar fitur ini tidak dipakai sembarangan. Sebab, penerima bisa saja meneruskan atau mengambil screenshot pesan dan menyimpannya sebelum terhapus otomatis.

Selain itu, penerima kemungkinan bisa menyalin dan menempelkan konten pesan lain. Ataupun bisa pula mengambil foto dari pesan menggunakan kamera atau perangkat lain sebelum terhapus otomatis.

Di sisi lain, pihak WhatsApp masih belum bisa memberitahu kapan pastinya fitur Dissapearing Messages akan disebarluaskan ke pengguna.



Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password