Untung Rugi Investasi Emas Untuk Anak Muda


Emas salah satu logam mulia yang banyak diminati berbagai kalangan. Tua maupun muda semua sangat menggemari logam mulia satu ini. Selain berbagai bentuk perhiasan, keuntungan emas menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Gak heran sih, emas ini sering dijadikan alat untuk investasi, karena kecenderungan harganya yang selalu naik dari tahun ke tahun. Tentu hal ini sangat menguntungkan pemiliknya, terutama kalau selisih harga beli dan jualnya cukup besar.

Investasi itu sangat penting guys, makanya mumpung kita masih muda gak ada salahnya kita mulai sedikit demi sedikit berinvestasi demi masa depan. Salah satu bentuk investasi yang bisa kalian lakukan yaitu dengan berinvestasi emas. Tapi berinvestasi emas ini selain banyak keuntungannya ternyata ada juga ruginya lho. Berikut beberapa keuntungan dan kerugian berinvestasi emas.

Keuntungan Investasi Emas
Beberapa keuntungan apabila berinvestasi emas



1. Gampang Dicairkan

Salah satu keuntungan investasi emas ini yaitu, Mudah dicairkan, ya emas ini gampang banget dicairin, dicairin bukan bener-bener mencair ya guys, sedangkan investasi lain lebih cenderung sukar untuk dicairkan atau hanya dapat diklaim di waktu tertentu saja.

Berbeda dengan emas, dia lebih memberikan keleluasaan bagi pemiliknya untuk dapat mencairkannya dalam bentuk uang tunai dan prosesnya pun nggak ribet dan fleksibel daripada investasi yang lain.

 

2. Nilainya Tidak Turun Walaupun Bentuknya Berubah



Perhiasan emas, seperti gelang, kalung, anting, dan sebagainya, tidak akan mengurangi nilai dari emas tersebut. Artinya jika dijual, harganya sesuai dengan bentuk sebelumnya.

 

3. Pajak Ringan

Sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 107/PMK.010/2015, transaksi emas batangan dikenai Pajak Penghasilan (PPh). Berdasarkan peraturan menteri tersebut PPh untuk emas batangan sekitar 0.4%, Jumlah ini diberlakukan pada kegiatan jual beli masyarakat umum.

 



Kerugian Investasi Emas

1. Resiko Hilang Cukup Besar

Resiko sangat tinggi, apalagi kalau kita menggunakan emas sebagai perhiasan, seperti gelang, kalung, cincin, dan sebagainya.

Resiko ini muncul dari kejadian perampokan atau penjambretan terutama kalau perhiasan yang kita pakai terlalu mencolok.

Selain itu, investasi emas batangan dalam jumlah yang banyak juga sangat rawan dengan resiko kehilangan. Maka dari itu, banyak orang yang berinvestasi emas batangan dalam jumlah yang banyak, menyewa safe deposit box yang merupakan fasilitas sebuah bank untuk menyimpan berkas-berkas penting millik nasabah.

2. Harganya Tidak Stabil

Meski harga emas cenderung selalu meningkat, namun peningkatan harga emas itu tidak terjadi setiap hari dan bukanlah suatu kejadian yang memakan sedikit waktu.

Emas sendiri terkadang mengalami peurunan harga jual meski terkadang mengalami kenaikan.

Perubahan harga yang tidak stabil ini sering mempersulit investor emas dalam menghitung nilai investasi yang dimiliki nantinya.

 

3. Investasi Jangka Panjang

Maksudnya adalah, emas ini bukan sebuah alternatif buat orang yang nggak sabaran, walaupun harga emas yang dibeli cukup besar.

Hal ini tidak bisa menjamin akan mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat.

Artinya, fluktuasi harga emas banyak dipengaruhi oleh nilai tukar mata uang nasional terhadap uang asing. Maka dari itu kalau ingin mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat, tentu investasi emas ini bukanlah sebuah jawaban.

Karena kalau ingin menjual emas yang dimiliki harus melihat nilai tukar uang nasional terhadap uang asing dulu.

Nah, itulah beberapa keuntungan dan kerugian buat kalian yang ingin berinvestasi emas.

Mumpung masih muda, jangan foya-foya terus, giliran pas udah tua bingung nggak punya apa-apa.

Full-time writer | OKEGUYS
A person who likes watching and really likes the world of design, motion, video editing, and writing.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password