Tutorial Efek Audio Seperti Radio Announcer di Adobe Audition


Oke guys tutorial kali ini berguna banget buat kalian yang sedang membangun atau hendak membuat konten podcast. Kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana membuat audio yang sudah kita rekam terdengar seperti settingan Radio Announcer, wih keren banget kan!

Dan pastinya kita akan memanfaatkan preset yang sudah ada di Adobe Audition nih guys, jadi gak bakalan susah ataupun ribet!

Langsung aja deh, tanpa berbelit-belit kalian langsung ikutin aja nih langkah-langkahnya di bawah ini!

Tutorial Efek Audio Seperti Radio Anouncer di Adobe Audition

Sebelum kita masuk ke tutorial, pastikan dulu nih audio yang akan kalian gunakan pada project kali ini sudah ada. Kemudian pastikan juga kalau aplikasi Adobe Audition sudah terpasang di PC kalian!



Kalau sudah, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga terbuka!

Langkah 1 – Buka File

Setelah aplikasi terbuka, kalian masukkan file audio yang akan kalian gunakan ke workspace Adobe Audition. Caranya, kalian hanya perlu lakukan ‘Drag’ file dari folder ke workspace. Bila sudah terbuka, maka akan muncul spektrum audio di layar kalian.

Atau kalian juga bisa membukanya dari File > Open > Pilih File.

Untuk cara cepat gunakan keyboard shortcut dengan menekan Ctrl + O.



Langkah 2 – Gunakan Efek Multiband Compressor

Selanjutnya, setelah file audio terbuka, kalian gunakan efek Multiband Compressor. Caranya klik tombol Effects > Amplitude and Compression > Multiband Compressor.

Kemudian, akan muncul jendela Multiband Compressor di layar monitor kalian.

Langkah 3 – Gunakan Preset Broadcasting

Langkah berikutnya, kalian ubah kolom Presets menjadi Broadcasting untuk mendapatkan audio seperti radio announcer. Untuk mendengarkan, kalian tinggal lakukan ‘Play’ dengan menekan tombol ‘Space’ pada keyboard dan menekannya kembali untuk ‘Pause’.



Langkah 4 – Modifikasi Preset

Sebetulnya, langkah ini opsional untuk kalian lakukan. Semisal ketika kalian sudah puas dengan outputnya, maka kalian tidak perlu langkah ini. Tapi semisal kalian masih ingin merubah bagian-bagian pengaturannya juga tidak masalah.

Langkah 5 – Apply

Setelah kalian mendapatkan pengaturan yang pas, jangan lupa untuk menekan tombol ‘Apply’ pada jendela Multiband Compressor. Dengan begitu efek yang sudah kalian atur akan langsung teraplikasikan.

Gampang banget kan guys? Sekarang podcast kalian bisa makin kece nih!

Kalau kalian bingung dengan tutorial di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan lupa tulis di kolom komentar ya guys!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password