Tutorial Cara Mengganti Virtual Background Google Meet Sesuai Keinginan


Aplikasi video conference Google Meet baru saja merilis fitur virtual background khusus untuk pengguna Google Meet Desktop di browser web. Kamu pasti penasaran dong gimana cara mengganti virtual background Google Meet agar lebih menarik?

Tutorial cara mengganti background Google Meet supaya kegiatan bekerja dan belajar daring semakin mengasyikkan tentu saja tidak sulit. Kamu hanya perlu ikuti beberapa langkah-langkah yang akan dijelaskan di artikel ini.

Simak ulasannya sampai selesai ya, Goodguys!

Cara Mengganti Latar Belakang (Background) Google Meet

Google Meet virtual background



Virtual background ini sebenarnya bukan fitur baru. Karena, aplikasi Zoom dan Skype sudah lebih dulu memperkenalkan. Namun tentu saja, sebagai perusahaan teknologi besar di dunia, Google tidak mau ketinggalan.

“Untuk membantu agar mereka (pengguna) merasa lebih nyaman saat melakukan panggilan video dari rumah, dengan memburamkan latar belakang dengan gambar yang sudah ada atau pilihan mereka sendiri,” kata Product Manager Google Meet, Arpit Guglani, melansir blog resmi Google, Selasa (3/11/2020).

Kamu yang ingin beralih menggunakan Google Meet untuk keperluan rapat atau diskusi online, dapat mencoba aplikasi satu ini. Apalagi, kini layar Google Meet sudah bisa dikustom selama panggilan video.

Dari berbagai sumber disebutkan, ada beberapa gambar default yang bisa dipakai sebagai latar belakang Google Meet, seperti ruang kantor, lanskap, dan abstrak.

Cara mengganti latar belakang Google Meet



Mengutip 9to5 Google, untuk menggunakan fitur virtual background ini, pengguna Google Meet Desktop tak perlu perangkat lunak tambahan.

Lalu, bagaimana sih cara mengubah latar belakang virtual Google Meet? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka aplikasi Google Meet pada web browser kamu, disarankan menggunakan browser Google Chrome.
  2. Setelah itu, di bawah kanan video, ada ikon ubah latar belakang.
  3. Klik ikon tersebut untuk merubah latar belakang sebelum memulai panggilan video.
  4. Kemudian pilih latar belakang sesuai keinginan dengan mengklik ‘Change Background’. Tersedia pilihan latar belakang versi standar.
  5. Jika ingin membuat background virtual dengan koleksi gambar sendiri, pilih ‘Background’.
  6. Lalu, pilih ‘Add’ untuk mengunggah gambar yang dinginkan sebagai latar belakang.

Catatan:

Pengaturan fitur ganti background Google Meet diatur sepenuhnya oleh host. Artinya, jika host tidak memberi izin, maka peserta rapat -termasuk kamu- tidak bisa mengganti background virtual tersebut.

Nah, itulah cara mengganti background di aplikasi Google Meet yang bisa kamu terapkan ketika video conference nanti ya, Goodguys.



Oh iya satu lagi, Google Meet juga memiliki fitur untuk memburamkan latar belakang. Untuk tutorial cara membuat background Google Meet menjadi buram atau blur di PC, sudah OKEGUYS jelaskan di artikel sebelumnya.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kamu, ya!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password