Tutorial Cara Membuat Microsoft Word Tidak Bisa Diedit


Sejak sekolah dan kuliah online karena pandemik COVID19, seberapa sering kamu menggunakan Microsoft Word untuk mengerjakan tugas? Kalau sering banget, pasti beberapa temanmu juga pernah dong meminta untuk melihat tugasmu?

Wajar sih kalau kamu merasa keberatan tapi nggak enak hati kalau nggak ngasih. Tapi ada cara yang bisa bikin kamu agak lebih tenang. Yaitu mengunci dokumen Word. Sehingga temanmu hanya bisa membaca dan tidak bisa copy paste.

Dengan cara itu, temanmu pasti bisa mengerti kenapa kamu harus mengunci hasil tugasmu.

Yah namanya juga tugas, pasti capek juga kan mikir. Jadi begini lho cara membuat Microsoft Word tidak bisa diedit.



CARA MENGUNCI EDIT DAN COPY PASTE

Pada tutorial membuat Microsoft Word tidak bisa diedit ini, saya menggunakan Microsoft Word 2020. Jadi sesuaikan ya dengan Microsoft Word milikmu. Tenang, biasanya nggak beda jauh kok, hanya tampilannya saja yang sedikit berbeda. 

Yuk guys kita mulai.

1. BUKA FILE

mengunci microsoft word

Sebelum mengirim dokumen tugas ke teman via Email atau Whatsapp, pastikan membuka file dulu.

2. KLIK REVIEW

mengunci microsoft word



Setelah dokumen terbuka, klik toolbar ‘Review’ pada Microsoft Word. Lalu arahkan kursor ke “Restrict Editing”. Lihat pada tanda warna merah.

3. PILIHAN PADA RESTRICT EDITING

mengunci microsoft word

Nantinya, muncul beberapa pilihan opsi setelah klik “Restrict Editing”. Opsinya yaitu Formatting Restriction, Editing Restriction, dan Start Enforcement. Lalu checklist pada box bertuliskan “Limit formatting to selection of styles”.

4. PILIHAN PADA EDITING RESTRICTION

mengunci microsoft word

Setelahnya, checklist opsi Editing Restriction bertuliskan “Allow only this type of editing in the document”. Lalu pilih “Filling in forms”.



5. PENGGUNAAN PASSWORD

mengunci microsoft word

Pada opsi ketiga pada Restrict Editing, yakni “Start Enforcement”, kamu akan diminta untuk membuat password. Setelah selesai, simpan dokumennya.

6. TAMPILAN SETELAH MICROSOFT WORD DIKUNCI

mengunci microsoft word

Temanmu tidak akan bisa mengedit dan copy paste dokumen yang sudah kamu kirim dengan cara di atas. Tampilan yang ia terima akan seperti gambar di atas, yang artinya toolbars pengeditan atau perubahan segala hal nggak aktif.

Semoga cara membuat Microsoft Word tidak bisa diedit di atas cukup membantu ya. Berdoa saja temanmu mengerti kenapa kamu harus mengunci dokumen dan tidak menggunakan cara lain supaya dokumen kamu bisa diedit dan copy paste. Karena sebetulnya memang ada cara ‘curangnya’.

Freelance Writer at OKEGUYS.COM

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password