Trik Mengerjakan Tes Psikotes Biar Lolos CPNS 2020


Tes psikotes sering diberikan saat kita melamar kerja. Bahkan dalam penerimaan CPNS juga ada loh tes ini. Buat kamu yang pingin lolos tes yang satu ini gampang banget sebenernya.

Selain belajar dan berlatih, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Trik untuk mengerjakan tes psikotes biar bisa lolos CPNS 2020.

Udah siap belum? Langsung aja yuk, cari tahu apa saja triknya!

Tes Analogi Verbal

Tes ini menilai kemampuan logika pada sebuah kondisi. Tujuannya untuk melihat sejauh mana bisa memahami sebab-akibat satu masalah.



Bentuk tesnya biasanya korelasi makna, sinonim, antonim, dan pemahaman mengenai sebuah narasi.

Triknya adalah dengan menghafalkan sinonim dan antonim kata. Selain itu, kamu juga harus benar-benar memahami narasi soal.

Kalau masih ngga bisa menjawab, lompati saja. Jangan hanya terpaku pada satu soal biar waktumu tidak habis.

Tes Logika Aritmatika

tes psikotes logika aritmatika

https://soalsoalpsikotes.blogspot.com/

Kalau yang ini tujuannya untuk mengetahui kemampuan analisa dalam memahami pola tertentu. Kemudian memprediksi pola tersebut.



Biasanya tesnya terdiri dari deret angka. Misalnya penjumlahan, pengurangan, persentase, pecahan, dan lain-lain.

Triknya adalah jangan terpaku pada 3 – 4 angka terdepan. Lihatlah secara keseluruhan pola angkanya. Bisa berupa urutan, pengelompokan berurut, dan pengelompokan loncat.

Selain itu, jangan hanya terpaku pada soal yang bikin kamu penasaran. Sebelum tes psikotes pun usahakan untuk berlatih dengan giat.

Tes Logika Penalaran

Tes yang ini biasanya berupa deret gambar 2 atau 3 dimensi. Nah, kamu diminta untuk memilih gambar selanjutnya yang akan muncul.

Tujuannya untuk mengetahui kemampuan dalam memahami pola atau kecenderungan tertentu. Trik mengerjakan soal ini adalah konsentrasi.



Selain itu, kamu juga harus teliti karena bentuk yang ditampilkan hampir sama.

Tes Kraeplien atau Pauli

Soalnya terdiri atas gugusan angka-angka yang tersusun dari atas ke bawah. Biasanya tes ini juga disebut dengan tes koran.

Cara mengerjakannya adalah dengan menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu. Kemudian kamu diminta untuk menuliskan di sampingnya.

Triknya adalah jangan pernah menggunakan pensil mekanik. Biar ngga buang-buang waktu saat mengerjakan.

Lalu, usahakan angka yang dijumlahkan masing-masing kolom tetap stabil. Jadi, kamu harus mengendalikan diri dan tidak terburu-buru. Hal yang paling penting saat mengerjakan tes ini adalah konsentrasi.

Wartegg Test

tes psikotes wartegg test

http://www.aspghandwriting.org/

Nah, tes psikotes yang satu ini terdiri dari beberapa kotak. Isinya bentuk-bentuk seperti titik, garis kurva, garis sejajar, lingkaran, dan lainnya.

Trik mengerjakan soal tes ini cukup mudah. Kreativitasmu diuji di sini. Tujuannya untuk melihat apakah kamu mampu mengembangkan hal yang sudah ada menjadi ide baru atau sifat yang mengekor.

Tuangkan imajinasimu dan teruslah berlatih. Karena soal tes ini bakal menunjukkan kepribadian dan kemampuan IQ-mu.

Jadi, itulah 5 trik mengerjakan jenis-jenis tes psikotes. Siapa tahu dengan trik tersebut kamu bisa lolos tes CPNS 2020. Good luck, guys!

Content Writer | OKEGUYS
I am a senior freelance content writer and social media specialist. I have written for Hivemind, Qupas Indonesia, Ibukata.

1 Comment
  1. Makasih ka Vania tipsnya, lumayan nambah wawasan, asik juga penyampaian nya 😉

    Leave a reply

    OKEGUYS
    Logo
    Register New Account
    Reset Password