Trik Foto Keren Di Jalanan Biar Terlihat Sisi Naturalnya


Memotret foto keren pasti jadi tujuan para penyuka fotografi. Jadi ngga heran kalau sering melihat mereka berkali-kali memotret. Berkali-kali tidak terlalu puas dengan hasil jepretannya.

Sebenarnya ada banyak tips dan trik nih buat kamu yang masih belajar. Tapi, kali ini Okeguys bakal membocorkan trik memotret jalanan. Biasanya lebih dikenal dengan sebutan street photography.

Siapa nih yang suka kesel saat memotret situasi jalanan? Pasti sering kan merasa ‘kok kaya ada yang kurang ya’, ‘kok gini ya’, ‘ah, gimana sih bagusnya’.

Kamu ngga usah pusing-pusing lagi guys. Coba nih pelajari dan pahami beberapa trik memotret sederhana berikut ini.



Penguasaan kamera

Sebenarnya ngga perlu harus langsung mengusai juga sih. Semua dilakukan secara bertahap. Setidaknya, kamu paham hal-hal dasarnya saja. Seperti pencahayaan, shutter speed, contrast, ISO, dan aperture (bukaan kamera).

Bisa juga ngga harus memakai kamera yang bagus. Pakai ponsel pun sekarang juga bisa. Yang jelas kamu sudah paham dasar-dasarnya.

Momen

momen foto keren

https://www.netralnews.com/

Hasil foto keren itu sebenarnya karena momen yang tepat. Misalnya nih saat berada di pecinan atau di pasar. Usahakan tidak terburu-buru untuk memotret.

Kenali lingkungan sekitarmu terlebih dahulu. Temukan momen-momen kegiatan masyarakat yang menarik. Misalnya seperti saat seorang ibu menaiki becak, seorang penjual yang melamun, ibu-ibu yang membawa banyak barang belanjaan, dan banyak lainnya.



Kurangi bawaan

Saat sedang berada di jalanan atau di tempat-tempat umum ada satu hal yang penting. Ngga perlu bawa barang terlalu banyak.

Buat dirimu nyaman, karena yang kamu foto bukan benda mati. Lingkunganmu bergerak dengan cepat. Sehingga dirimu pun juga dipaksa untuk mengikuti gerak mereka.

Jadi, kalau bisa bawa saja satu ransel yang muat untuk banyak barang. Lagipula bawa barang-barang yang penting saja.

Sudut pandang berbeda

tips memotret

https://phinemo.com/

Nah, selain momen, cara pandang yang berbeda juga penting. Ini membuat hasil fotomu terlihat tidak monoton. Tentu saja juga lebih menarik.



Misalnya nih, saat memotret bangunan gunakan perspektifnya. Saat memotret high angle, kamu bisa ambil gambar dari low angle.

Eksplor semua penglihatanmu dan sudut-sudut yang berbeda. Hasil fotomu sudah jelas bikin banyak orang tertarik.

Jadi gitu guys, trik foto keren buat kamu yang suka tema street photography. Ngga susah sih, asalkan mau usaha!

Content Writer | OKEGUYS
I am a senior freelance content writer and social media specialist. I have written for Hivemind, Qupas Indonesia, Ibukata.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password