4 Tips Aman Pakai Masker Mulut agar Tidak Jerawatan


Ketika beraktivitas di luar ruangan, kebanyakan orang memilih pakai masker sebagai antisipasi diri dari paparan virus dan bakteri di udara.

Selain itu, banyaknya polusi di jalanan juga membuat orang lebih nyaman pakai masker saat berkegiatan.

Namun sayangnya, sebagian orang yang sering pakai masker juga mengalami masalah, salah satunya timbul jerawat di sekitar wajah.

Apalagi, kalau pakai masker selama seharian penuh, tentu daerah sekitar wajah seperti hidung, dagu, dan pipi, jadi keringatan.



Keringat ini yang kemudian berlanjut menjadi gatal-gatal di sekitar wajah yang ditutupi masker.

Tips Aman Pakai Masker agar Tidak Jerawatan

Ada beberapa cara yang dapat diterapkan mulai sekarang agar masalah wajah jerawatan akibat pakai masker tidak lagi terjadi.

Dirangkum Okeguys, inilah sejumlah tips aman menggunakan masker agar tidak timbul jerawat:

1. Seringlah Ganti Masker

Biasakan dari sekarang untuk tidak memakai satu masker berkali-kali. Gantilah masker setiap 6- 12 jam sekali, apalagi jika sedang sakit.



Lebih baiknya lagi, jika kamu memiliki cadangan masker lebih dari satu. Dengan begitu, masalah wajah berjerawat akibat pakai masker tidak lagi kamu alami.

2. Double Cleansing Selepas Pakai Masker

Ingat guys, selalu cuci muka setiap kali usai berkegiatan di luar rumah. Karena, kotoran dan minyak di wajah akan cepat menimbulkan jerawat jika tidak segera dibersihkan.

Kalau perlu, rutin lakukan double cleansing pada wajah sehabis memakai masker. Terapkan pula kebiasaan scrub wajah secara rutin.

Bukan hanya menjaga kesehatan kulit wajah, risiko timbul jerawat karena sering pakai masker mulut juga akan teratasi.



3. Masker Tidak Dipakai Terbalik

Entah belum mengerti atau memang disengaja, kebanyakan orang seringkali memakai masker terbalik.

Padahal, memakai masker seperti itu sangat tidak disarankan. Selain salah aturan, cara pakai masker terbalik juga memicu masalah.

Salah satunya adalah debu maupun kotoran dari luar lebih mudah menempel di kulit wajah yang tertutup masker.

4. Cerdas Gunakan Masker

Perlu diketahui, masker sebenarnya dipakai saat seseorang sedang sakit. Tujuannya, melindungi diri dan tak menularkan sakit ke orang lain.

Namun di beberapa situasi genting, memakai masker sangat dianjurkan. Misalnya, ketika berada di area yang terpapar virus/bakteri.

Terlepas dari itu, sudah seharusnya setiap orang cerdas menggunakan masker mulut agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lain.

Freelance Writer | OKEGUYS

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password