Tips Menghadapi Psikotes Kerja Supaya Nggak Panik


Selain wawancara kerja, tes psikotes juga lumayan bikin grogi nggak sih, guys? Walau ada yang stay cool, tapi ada juga nih yang khawatir banget hasilnya psikotesnya nggak mendukung.

Alhasil dari awal nggak fokus saat mengerjakan psikotes kerja karena saking paniknya. Sebenarnya guys, kunci ngerjain psikotes tuh kita emang harus tenang dan tidur yang cukup.

Selain kedua hal itu, ini coba ikuti tips menghadapi psikotes atau TPA.

1. PERSIAPKAN DENGAN BAIK

tes psikotes kerja
(Foto: Unsplash.com/Sincerely Media)

Ternyata beberapa perusahaan punya standarnya masing-masing nih guys untuk menentukan score hasil psikotes kita. Jadi bisa saja ada perusahaan yang ekspektasinya tinggi ada pula yang sedang. 

Tentu aja kamu juga harus mempersiapkannya dengan baik. Makanya kamu juga harus sering berlatih, apalagi banyak banget soal psikotes di situs online. Lalu, datang on time, supaya saat mengerjakannya tenang. Tidak panik karena datang terlambat. 

Selalu siapkan alat tulis yang lengkap sesuai dengan arahan yang diminta oleh perusahaan tempatmu melamar.

2. MEMBACA DENGAN HATI-HATI

tips psikotes kerja
(Foto: Pexels.com/yulokchan)

Mengerjakan psikotes kerja memang dikasih waktu. Tapi kamu harus tenang, jangan membaca tiap pertanyaan terlalu tergesa-gesa. Bisa saja justru kamu salah menangkap yang dimaksud, guys. Alhasil jawaban kamu jadi salah. Jadi atur napas ya ketika lagi cemas banget. Kuncinya itu tenang, dan baca dengan hati-hati.

3. LINGKARI KUNCI PERTANYAAN

soal psikotes kerja
(Foto: Unsplash.com/Scott Graham)

Jika lembaran soal psikotes boleh dicoret, lingkari informasi penting dan pertanyaan supaya menghindari kesalahan. Apalagi saat psikotes ada pertanyaan dengan jawaban “kecuali”. Gawat kan kalau kamu lagi nggak fokus?

4. ATURAN 60 DETIK 

psikotes kerja
(Foto: Unsplash.com/Age Barros)

Ingat, kamu hanya punya waktu terbatas kan? Jadi kalau ada pertanyaan yang sulit dan kamu sudah berpikir lebih dari 60 detik, kamu harus move on ke pertanyaan selanjutnya. Tips ini agar kamu bisa selesai tepat waktu. Jadi kalau kamu sudah selesai, cek kembali ke pertanyaan yang sulit tadi.

5. CEK KONEKSI INTERNET

psikotes kerja online
(Foto: Unsplash.com/Avel Chuklanov)

Kalau kamu harus mengerjakan psikotes kerja lewat online, tentunya kamu harus cek koneksi internet. Pastiin internet stabil, karena TPA online dibatasi waktu, plus link URL yang diberikan hanya dapat diakses 24 jam. 

Jika internet tiba-tiba tidak stabil saat dipertengahan mengerjakan tes, sebaiknya hubungi HRD.

Itulah kelima tips menghadapi psikotes kerja supaya lancar dan nggak grogi lagi.

Freelance Writer at OKEGUYS.COM

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password