Tips Menggunakan Fitur Speech di Aplikasi Adobe Audition


Oke guys, pembahasan kali ini masih membahas fitur Speech yang ada pada aplikasi Adobe Audition. Buat yang masih belum tau fitur Speech, jadi mudahnya fitur ini mirip Goole Voice di mana secara otomatis akan membaca teks yang kalian buat dan merubahnya dalam output audio.

Artikel kali ini kita akan membahas tips dalam penggunaannya, agar penggunaannya menghasilkan output yang maksimal.

Apa saja tipsnya? Baca pembahasannya ya guys!

Tips Menggunakan Fitur Speech di Aplikasi Adobe Audition

Perhatikan Tanda Baca



Ini penting banget guys, kalau kalian sedang Generate Speech, tanda baca jadi penentu bagaimana aplikasi akan membacakan narasi yang kalian tulis. Yang jelas terasa adalah intonasi saat narasi dibacakan. Pernah gak sih kalian nonton video Youtube dengan Google Voice dan intonasinya terdengar aneh, semua kalimat dibaca lurus tanpa titik, koma, seru maupun tanda tanya. Gak nyaman kan? Oleh karenanya jangan abaikan tanda bacanya ya!

Cek Typo

Ini nih, fitur Speech di Adobe Audition layaknya sebuah robot. Ia hanya akan membaca sesuai dengan apa yang dituliskan. Kalau kalian salah tulis, maka ia akan membacanya juga dengan salah. Jadi, alangkah baiknya untuk melakukan cek pada kata-kata yang kalian tulis ya, biar terhindar dari typo!

Atur Speaking Rate

Tentunya ketika membacakan sebuah narasi, kecepatan saat membaca jadi hal yang penting untuk diperhatikan. Atur kecepatan membaca pada fitur Speech, dengan mengaturnya pada kolom Speaking Rate. Sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya guys!



Manfaatkan Efek Pitch Shifter

Biar gak bosan dengan suara default, manfaatkan efek ‘Pitch Shifter’ untuk mengubah Pitch suaranya. Kalian bisa membuat suara Speech lebih berat hingga seperti terdengar seperti karakter kartun. Kalian tinggal pergi ke kolom Effects Rack > Time and Pitch > Pitch Shifter.

Lakukan Audio Preview

Biar gak kerja dua kali, lebih baik lakukan Audio Preview sebelum klik ‘Ok’ pada jendela Speech. Dengarkan baik-baik, apakah intonasi, kecepatan, hingga pengucapannya ada yang salah. Bila hasilnya sesuai dengan keinginan kalian, baru deh klik tombol ‘Ok’-nya.

Kira-kira itu sih tips yang bisa kalian terapkan ketika menggunakan fitur ‘Speech’ di Adobe Audition. Punya tips tambahan? Silahkan tulis di kolom komentar ya guys!



Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password