Jangan Sampe Salah Pilih! Ini 7 Cara Tepat Memilih Sepatu Lari


Lagi bingung pilih sepatu lari? Tenang, OKEGUYS bakalan bantu kamu supaya nggak bingung memilih sepatu yang dipakai untuk olahraga lari.

Kalau untuk sepatu harian sih emang gampang banget, tinggal cari desain sesuai selera. Tapi kalau sepatu lari nggak segampang itu. 

Iya, kamu nggak boleh hanya pilih karena desainnya aja. Namun juga fitur si sepatu, nyaman atau nggak dipakai lari. Biar kamu nggak salah beli, simak deh tips memilih sepatu lari di sini.

Sepatu yang Tepat Buat Lari

Sepatu Lari yang Tepat

(Pexels/Andrea Piacquadio) Sepatu yang tepat tentunya akan cocok untuk dibuat lari.



Gampangnya sih memang inilah salah satu cara memilih sepatu lari terbaik. Kenapa? Karena sepatunya udah dirancang dilengkapi fitur untuk membantumu berlari.

Beda deh dengan sneakers biasa. 

Karena, sepatu lari dibuat dengan memikirkan risiko cedera karena gerakan mengulang. Makanya sepatu lari biasanya lebih empuk dan enteng.

Ukuran Harus Pas!

Ukuran Sepatu

(Pexels/Magda Ehlers) Memilih sepatu lari harus disesuaikan dengan ukuran yang tepat.

Guys, jangan memaksakan kalau sepatu lari pilihan nggak ada ukuran yang sesuai. Sebab, salah satu munculnya risiko cedera dan sakit saat berlari adalah karena ukuran sepatu lari yang kebesaran atau kesempitan. 



Jadi intinya harus pas dan ada jarak antara jempol dan sepatu. Karena sebetulnya nih, saat kita berlari telapak kaki kita melebar.

Kebayang kan gimana pas lari kalau sepatu kesempitan?

Waktu Memilih Sepatu

Waktu Memilih Sepatu Lari

(Pexels/Pixabay) Memilih sepatu lari harus di waktu yang tepat.

Emangnya ngaruh?

Ternyata nih guys, waktu juga menentukan prestasi. Iya, sebaiknya kalau mau membeli sepatu pilih pada siang dan malam hari supaya kamu memilih sepatu dengan ukuran yang akurat.



Pilih Desain yang Tepat

Desain Sepatu Lari

(Pexels/Tembela Bohle) Kalian harus pintar dalam memilih desain dan spesifikasi yang tepat.

Guys, tahu kan kalau jenis sepatu lari itu banyak?

Ada yang everyday running shoe, lightweight running shoe dan trail running shoe. Nah ketiga jenis sepatu lari ini punya keunggulan masing-masing. Misalnya everyday running shoe yang cocok dipakai buat siapa pun karena rata-rata desainnya mewah tapi tetap bisa untuk berlari. 

Lalu lightweight running shoe yang cocok untuk lomba lari. Sedangkan trail running shoe untuk berlari di medan yang kotor, biasanya terdapat grip pada alas sepatu.

Nah, jadi kamu tinggal pilih saja desain sepatu sesuai kebutuhanmu. Yang jelas, sepatu lari terbaik harus fleksibel, awet, dan nyaman ketika dipakai berlari.

Memilih Berdasarkan Brand?

Memilih Brand

(Pexels/Daniel Reche) Ternyata memilih sepatu lari yang tepat juga bisa dipengaruhi dengan brand.

Inget, sepatu lari itu yang dilihat adalah fungsinya, bukan cuma untuk terlihat stylish. Jangan mudah tergoda guys dengan desain sepatu keluaran terbaru. Brand pun nggak harus jadi patokan ketika memilih sepatu lari. Mengingat setiap brand masing-masingnya punya plus minus, yang penting itu nyaman, pas dan benar-benar fungsional.

Evaluasi Lebih Detail

Detail Sepatu Lari

(Pexels/Mentatdgt) Perhatikan detail sebelum kalian membeli sepatu lari yang cocok.

Serius, kamu harus evaluasi banget saat pilih sepatu lari. Pastikan kamu memang langsung datang ke store, nggak beli online. Kenapa? Karena setiap desain sepatu pasti ukurannya nggak sama. Plus, ukuran kaki kita juga akan berubah. 

Saat mencoba sepatu lari, coba pakai kaus kaki. Kamu juga berhak kok mencoba sepatu sambil berlari di area store.

Tips memilih sepatu lari tersebut harus dicoba supaya kamu nggak salah pilih.

Sesuaikan dengan Bentuk Telapak Kaki

Telapak Kaki Sepatu Lari

(Pexels/Andrea Piacquadio) Memilih sepatu yang pas tentunya harus harus cocok dengan ukuran telapak kaki kalian.

Selain ukuran, memilih sepatu lari dengan menyesuaikan tipe pronasi atau bentuk kaki juga penting, guys. Jadi, bentuk kaki itu ada tiga; pronasi sedang (Netral), pronasi lebih (kaki datar) dan pronasi kurang (kaki lengkung).

Untuk menentukan jenis telapak kaki, kamu bisa jiplak telapak kaki yang basah di atas kertas atau karton selama 10 detik. 

Jika sudah, lihat gambar. Kalau telapak kaki bentuk normal, disarankan pilih sepatu lari dengan bantalan tebal supaya menjaga keseimbangan beban. Kalau jenis telapak kaki datar, pilih jenis sepatu dengan fitur ‘motion control’ atau ‘stability’. Sedangkan untuk kaki lengkung, pilihlah sepatu lari jenis stability atau semi-curved.

Hmmm…..menarik.

Jadi, diingat ya cara memilih sepatu lari di atas. Kesalahan terbesar memilih sepatu lari adalah karena terlalu mengutamakan fashion dibanding fungsi.

Supaya nggak ngeluh kesakitan saat lari, sebaiknya evaluasi detil. Satu lagi nih, hindari beli online!


Video Terbaru OKEGUYS

Freelance Writer at OKEGUYS.COM

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password