Anti Ketipu! Ini Tips Berbelanja Online Dengan Aman


OKEGUYS! Kali ini tim OKEGUYS akan sedikit kasih tips ke kalian buat yang sering belanja online, dan apalagi sekarang lagi heboh banget kasus penipuan di Grab Toko ya. Teknologi yang semakin pesat perkembangannya memang membuat banyak perubahan pada kehidupan masyarakat kita.

Teknologi yang semakin maju membuat kita menyukai hal-hal yang instan, mudah, dan cepat. Salah satunya yang sering dilakukan kebanyakan orang saat ini adalah berbelanja online. Saat ini berbelanja via online memang terus berkembang dari waktu ke waktuya ya gak sih Guys?

Caranya yang mudah, simple, bahkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan toko-toko konvensional memang menjadi pilihan tersendiri bagi orang yang berbelanja online. Namun meskipun begitu, berbelanja online juga memiliki risiko keamanan yang harus diperhatikan.

Sehingga resiko tersebut dapat diminimalisir dan membuat belanja online tetap aman dan nyaman. Nah berikut ini cara aman belanja dan transaksi via online yang dapat dilakukan. Buat kamu yang baru mau coba belanja online tips berikut sangat menarik loh demi keamanan pastinya nih.



1. Pilih Seller Yang Memiliki Reputasi Yang Cukup Baik ya

Ilustrasi | Photo: Ebay.com

Kamu bisa cari seller dengan reputasi terbaik. Terkadang meskipun berbelanja di situs-situs online terbesar yang menerapkan sistem marketplace tetap saja ada penjual-penjual yang tidak professional. Sehingga tentu saja akan merugikan nantinya.

Untuk itu pastikan untuk memilih seller terbaik yang memang sudah direkomendasikan serta memiliki reputasi yang cukup bagus. Untuk mencari informasi ini sebenarnya sangatlah mudah, biasanya di situs-situs online penjual dengan reputasi terbaik dapat dilihat dari bintang ataupun komentar pembeli.

Semakin tinggi bintang ataupun nilai penjual, maka akan semakin terpercaya seller tersebut. Namun jika berbelanja online via sosial media, bisa melihat dari testimoni konsumen-konsumen sebelumnya yang pernah berbelanja di toko tersebut ya, dan pastikan tokonya masih aktif dong tentunya.

2. Perhatikan Deskripsi Produk

Ilustrasi | Photo: Tokopedia.com



Banyak orang yang sering menerima pesanan yang tidak sesuai ekspektasi karena tidak membaca dengan detail mengenai deskripsi produk yang akan dibeli. Dalam berbelanja online, konsumen tentu saja tidak dapat melihat langsung kondisi fisik dari barang yang ada kan, maka dari itu penting sekali untuk membaca deskripsi.

Jika hanya melihat gambarnya saja, terkadang ada beberapa gambar produk yang kurang jelas sehingga tidak sesuai dengan kenyataan. Sehingga akan lebih baik untuk memperhatikan deskripsi produk dengan lebih teliti. Misalnya saja ketika ingin membeli pakaian, perhatikan mengenai ukuran, bahan, dan lainnya dari baju tersebut.

3. Gunakan Situs Belanja Online yang Terpercaya

Ilustrasi | Photo: Istimewa

Ilustrasi | Photo: Istimewa

Ini juga hal yang harus diperhatikan saat berbelanja online adalah dengan menggunakan situs belanja online yang memang sudah terpercaya. Situs-situs belanja online yang memang sudah terpercaya tentu saja sudah dilengkapi dengan aplikasi yang memiliki sekuritas yang terjamin.

Sehingga membuat konsumen merasa lebih nyaman dan aman saat berbelanja. Dengan nama yang besar, tentu saja situs-situs tersebut akan memberikan jaminan keamanan bagi konsumen. Kamu tidak perlu cemas lagi akan tertipu mungkin cuma ada sedikit masalah dengan pihak ekspedisi sehingga barang kamu akan telat.



4. Menggunakan Rekening Bersama

Ilustrasi | Photo: Shutterstock

Ilustrasi | Photo: Shutterstock

Sistem rekening bersama yaitu uang yang ditransferkan tidak akan sampai ke penjual jika barang tersebut belum sampai ke kamu. Seller baru bisa mendapatkan uang tersebut ketika sudah mengkonfimasi keberhasilan dari transaksi online yang dilakukan.

Namun sebaliknya jika barang tersebut tidak kunjung datang kepada kamu atau mengalami pesanan yang tidak sesuai, maka uang yang sudah di transferkan dapat kembali lagi ke kamu loh. Biasanya penerapan sistem rekening bersama ini sudah digunakan oleh situs-situs belanja online yang besar.

Bisa juga menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran yang aman. Banyak orang yang memilih menggunakan kartu kredit karena dirasa aman, hal ini dikarenakan kamu bisa membatalkan transaksi jika produk tidak terkirim atau tidak sesuai dengan pesanan.

5. Jangan Menggunakan Wifi publik

Ilustrasi | Photo: Shutterstock

Ilustrasi | Photo: Shutterstock

🏆

Menggunakan wifi public memiliki risiko yang cukup tinggi terjadi pencurian. Sehingga akan lebih baik menggunakan jaringan internet pribadi agar lebih menjaga keamanan dan kenyamanan berbelanja kamu. karena data kamu dapat dicuri dari jaringan yang kamu gunakan ya.

risiko yang paling sering terjadi pada pembelian melalui online adalah identitas dan data pribadi dari akun dapat tercuri oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Untuk itu, agar menghindari hal tersebut sebisa mungkin hindari menggunakan wifi public saat mengakses transaksi apapun.


Nah karena dari kejadian kemarin di Grab Toko yang cukup ramai dengan kasus penipuannya , tapi jujur sih tim OKEGUYS udah curiga dari harganya yang terlalu murah. Semoga kasus di Grab Toko cepat selesai dan pihak yang tertipu dapat di kembalikan dananya dengan jumlah yang sesuai.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password