5 Tips Ampuh untuk Merawat Kacamata


Untuk pengguna kacamata dan orang-orang yang hobi mengoleksi kacamata, penting banget nih untuk kalian merawat kacamata biar tetap awet.

Ada beberapa hal sepele yang diabaikan ketika menggunakan kacamata, dan justru itu bisa membuat kacamata cepat rusak dan lensanya menjadi banyak goresan. Berikut ini, ada tips-tips yang akan Okeguys beberin ke kalian, supaya kacamata kalian bisa makin awet dan nyaman.

1. Gunakan Cairan Khusus Pembersih Kacamata

5 Tips Ampuh buat Merawat Kacamata

(Okeguys) – Bersihkan kacamata dengan cairan pembersih khusus.

Membersihkan kacamaaata menggunakan cairan khusus pembersih kacamata adalah langkah yang tepat untuk merawat kacamat agar tahan lama. Cairan khusus tersebut bisa dengan mudah kalian dapatan di optik terdekat ya.

Cairan khusus pembersih kacamata tersedia dalam berbagai macam ukuran. Mulai dari ukuran untuk traveling, hingga yang besar sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Caranya adalah, semprotkan cairan khusus pembersih secukupnya pada lensa, lalu gosok dengan kain lembut yang bersih sampai kacamata benar-benar bersih.

Cairan khusus pembersih ini bertujuan khusus untuk menghilangkan noda kotoran tanpa merusak lensa di kacamata. Jangan sekali-kali mencoba bersihkan kaca mata kalian dengan air liur karena itu gak efektif dan juga jorok ya!

2. Bersihkan dengan Kain Khusus Kacamata

5 Tips Ampuh buat Merawat Kacamata

(Okeguys) – Membersihkan kacamata dengan kain khusus.

Sebagian dari kalian pasti sering banget nih yang ngebersihin kacamatanya dengan tisu, atau bahan lainnya. Nah, langkah tersebut malah dapat membuat lensa kacamata kalian rusak dan banyak goresannya karena permukaan dari bahan tersebut kasar! Jangan sampai dengan langkah tersebut membuat kalian mau nggak mau harus beli kacamata baru lagi deh.

Kalau kalian ingin membersihkan kacamata dari debu dan kotoran, mending gunakan kain microfiber atau kain yang biasanya didapatkan berbarengan saat pembelian kacamata. Kain ini cocok banget untuk membersihkan noda dan kondisi lensa yang buram.

Kalau kain tersebut hilang atau lupa menaruhnya, kalian bisa gantikan dengan kain yang lebih lembut dan bersih. Contohnya, kain katun, asalkan bersih dan bisa digunakan ya. Tapi ingat, kainnya jangan dicuci dengan pelembut pakaian karena dapat meninggalkan noda pada lensa.

Untuk membersihkannya, gunakan gerakan teknik dengan satu arah dan jangan menekan lensa terlalu keras. Oh iya! Kalau mau membersihkan lensa kacamata, jangan dalam keadaan kering ya karena hal tersebut bisa menimbulkan goresan pada lensa.

3. Bersihkan dengan Air Sabun

5 Tips Ampuh buat Merawat Kacamata

(Okeguys) – Air sabun bisa jadi cairan alternatif untuk membersihkan kacamata.

Untuk kalian yang gak memiliki cairan khusus pembersih kacamata jangan bingung dulu nih, kalian bisa menggantinya dengan sabun cuci piring dan air hangat. Kedua bahan tersebut ampuh untuk menghilangkan kotoran dan mengembalikan kecerahan pada lensa kacamata seperti semula.

Caranya, bilas kacamata dengan air hangat. Fungsinya adalah untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di lensa dan bingkai kacamata. Selanjutnya, teteskan sabun cuci piring sedikit saja dengan hati-hati ke permukaan lensa.

Lalu, gosok perlahan-lahan menggunakan jari tangan yang sudah dicuci untuk menghindari goresan. Pastikan gak ada sabun yang tersisa ya, kemudian bilas sekali lagi dan bersihkan menggunakan kain khusus kacamata.

Untuk mengecek kacamata kalian sudah benar-benar bersih, bisa arahkan lensa kacamata ke arah cahaya untuk memastikan kebersihan lensa. Kalau masih ada noda yang tersisa, ulangi langkah di atas.

4. Simpan Kacamata di Tempat yang Aman

5 Tips Ampuh buat Merawat Kacamata

(Okeguys) – Letakkan kacamata di tempat yang aman.

Jika kalian rajin menyimpan kacamata saat tidak digunakan ditempat yang aman, maka kacamata tersebut akan tahan lama. Simpanlah kacamata dicase atau tempat yang aman agar kacamata kalian terhindar dari debu dan kotoran. Selain itu, kacamata kalian juga gak akan kena goresan bahkan patah.

Selain itu, pasti udah banyak banget atau hampir semua orang memiliki kebiasaan meletakkan kacamatanya di atas kepala ketika mata mereka udah capek dan ingin ‘istirahat’ sejenak. Ternyata kebiasaan itu bisa membuat kacamatamu mudah rusak loh. Bahkan nggak menutup kemungkinan kan kacamata akan jatuh dengan nggak sengaja dari kepala.

Maka dari itu, penting banget menyimpan kacamata kalian di case atau pada tempat dengan permukaan datar, terbuka dan tidak tertumpu atau tertindih apapun. Jangan pernah deh menyimpan kacamata dalam dompet, saku, atau tas tanpa case-nya. Hindari juga di atas dashboard mobil, suhu panas dalam mobil dapat merusak coating dari lensa maupun frame kacamata, sehingga terjadi pengelupasan.

5. Gunakan Kedua Tangan Saat Mengenakan dan Melepas Kacamata

5 Tips Ampuh buat Merawat Kacamata

(Okeeguys) – Gunakan kedua tangan saat mengenakan dan melepas kacamata.

Langkah terakhir dalam merawat kacamata agar tahan lama adalah memakaikan kacamata dengan kedua tangan. Dengan menggunakan kedua tangan, akan menjaga kacamata agar tetap stabil dan tidak cepat longgar.

Hal ini memang sepeleh, namun ini kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh pegguna kacamata tanpa disadari. Tapi dengan melakukan hal tersebut akan menghindarkan kacamatamu dari patahnya frame sehingga kalian nggak perlu membeli kacamata berulang-ulang karena kesalahan kecil tersebut.

Selain itu, kalian sebaiknya jangan membenarkan posisi kacamata dengan ‘menekan’ bagian tengah karena hanya akan membuat perlahan-lahan cepat longgar juga loh!

Gimana tips-tipsnya? Gampang banget kan buat diterapin? Jangan lupa dicoba ya!

Full-time writer at OKEGUYS
Most topics about Sneakers, Football & Games.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password