Tata Cara Sholat Jenazah Laki-laki dan Perempuan


Kali ini Okeguys ingin berbagi informasi, tentang cara sholat jenazah, beserta bacaan niat sholat jenazah, yang bisa kalian pelajari sendiri di rumah.

Salah satu kewajiban seorang muslim adalah, mengurusi jenazah ketika ada saudaranya yang meninggal dunia. Mulai dari memandikan, mensholatkan, mengkafani hingga menguburkan jenazahnya.

Hukum sholat jenazah sendiri adalah fardhu kifayah, yang artinya wajib dilakuan, tapi jika sudah ada sebagian orang muslim yang melaksanakannya, maka gugur untuk muslim lain di sekitarnya.

Syarat Sah dan Cara Sholat Jenazah

Cara sholat jenazah sebenarnya terbilang mudah untuk dilakukan, karena tidak banyak gerakan-gerakan khusus yang perlu dilakukan.



Pelaksanaan sholat jenazah berbeda dengan sholat pada umumnya, karena dalam shalat mayit ini tidak ada gerakan ruku, sujud dan duduk tasyahud. Melainkan, hanya perlu berdiri dan melakukan 4 kali takbir.

Selain itu, bacaan sholat jenazah juga terbilang mudah, tidak ada bacaan yang terlalu panjang, sehingga sangat mudah dihafal oleh siapa saja.

Hanya saja bacaan sholat jenazah laki-laki dan jenazah perempuan tidaklah sama. Ada sedikit perbedaan bacaan pada niat, bacaan takbir ketiga, dan takbir keempat.

Sebelum melaksanakan shalat jenazah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu:

  • Menutup aurat, suci dari hadats besar ataupun hadast kecil, suci badan, pakaian serta tempat sholatnya, dan menghadap kiblat.
  • Jenazah harus sudah dimandikan dan dikafankan.
  • Jenazah diletakan di sebelah kiblat orang yang menshalatkan.

Setelah syarat sah terpenuhi, barulah rukun sholat jenazah bisa dipenuhi. Adapun rukun sholat jenazah adalah sebagai berikut:



  1. Membaca niat
  2. Berdiri bagi yang mampu
  3. Melakukan empat kali takbir
  4. Membaca surat Al-Fatihah
  5. Membaca sholawat nabi
  6. Membaca doa untuk jenazah
  7. Salam

Bacaan Niat Sholat Jenazah

Niat Bacaan Sholat Jenazah Laki-laki dan Perempuan

Sebelum mulai melaksanakan shalat jenazah, kalian harus terlebih dahulu membaca niat sholat jenazah. Adapun bacaan niat shalat jenazah adalah sebagai berikut.

Bacaan niat shalat jenazah laki-laki:

“Ushalli’alaahadzal mayyiti arba’a takbiraatin fardlal kifaayati ma’muuman lillahit ta’aala”

Artinya: “Aku niat sholat atas mayit ini dengan empat takbir fardlu kirayah, sebagai makmum karena Allah taala.”



Bacaan niat shalat jenazah perempuan:

“Ushollii ‘alaa haadzihill mayyitati arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa”

Artinya: “Aku niat sholat atas mayit ini dengan empat takbir fardlu kirayah, sebagai makmum karena Allah taala.”

Tata Cara Sholat Jenazah

Niat Bacaan Shalat Jenazah
Setelah membaca niat, maka dilanjutkan dengan melakukan takbir pertama. Pada takbir pertama ini dianjurkan membaca surat Al-Fatihah.
Lanjutkan dengan takbir kedua. Pada takbir kedua ini disunahkan membaca sholawat nabi.
Kalian bisa membaca sholawat nabi yang pendek seperti ini:

“Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad.”

Atau kalian juga bisa membaca sholawat nabi yang lebih lengkap seperti ini:

“Allâhumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad, kama shallaita ‘ala sayyidina Ibrahim wa ‘al ali sayyidina Ibrahim, wa barik ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad, kama barakta ‘ala sayyidina Ibrahim wa ‘ala ali sayyidina Ibrahim fil ‘alamina innaka hamidun majid.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Lanjut pada takbir ketiga. Pada takbir ketiga bacakanlah doa untuk mayit. Adapun bacaan sholat jenazah adalah sebagai berikut:

Bacaan doa untuk jenazah laki-laki:

“Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu anhu”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia (laki-laki).”

Atau yang lebih lengkap adalah sebagai berikut:

“Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu anhu, wa akrim nuzulahu wawassi’ madkhalahu wa aghsilhu minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubulabyadlu minad danas. Wa abdilhu daaraan khairam mind daarihi wa ahlan khairam min ahlihi wa ad khilhul jannata waaidzhu min ‘adsaabil qabri wa min ‘adsaabin naar.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia. Muliakanlah tempatnya, luaskanlah kuburnya, dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Kemudian masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka.”

Sedangkan untuk bacaan shalat jenazah perempuan ada sedikit perbedaan, hanya menggantikan kata hu menjadi ha pada doa di atas. Sehingga menjadi seperti ini:

“Allahummaghfir laha warhamha wa ‘afiha wa‘fu anha”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia (perempuan).”

Untuk bacaan shalat jenazah perempuan yang lebih lengkap adalah sebagai berikut:

Allahummaghfir laha warhamha wa ‘afiha wa‘fu anha wa akrim nuzulaha wa wassi’ madkhalaha waghsilha bilma’i wats tsalji wal baradi, wa naqqiha minal khathaya kama naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilha daran khairan min dariha wa ahlan khairan min ahliha wa zaujan khairan min zaujiha wa adkhilha al-jannata wa a’idzha min ‘adzabil qabri wa min adzabinnar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia. Muliakanlah tempatnya, luaskanlah kuburnya, dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Kemudian masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka.

Selanjutnya pada takbir keempat, disunahkan membaca doa berikut ini:

Bacaan doa sholat jenazah laki-laki:

“Allahumma la tahrimna ajrahu wa la taftinna ba’dahu waghfir lana wa lahu.”

Artinya: “Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan beri fitnah (cobaan) bagi kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.”

Bacaan doa sholat jenazah perempuan:

“Allahumma la tahrimna ajraha wa la taftinna ba’daha waghfir lana wa laha.”

Artinya: “Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan beri fitnah (cobaan) bagi kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.”

Terakhir adalah mengucapkan salam pertama sambil memalingkan wajah ke kanan, dan salam kedua memalingkan wajah ke kiri.

Itulah dia panduan cara sholat jenazah, mulai dari syarat sah, niat, bacaan doa, dan tata cara sholat jenazah, yang bisa kalian pelajari di rumah.

SEO Manager | OKEGUYS Tech enthusiast who are also interested in movie and music.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password