8 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik



Berbagai kegiatan jadi terhambat nih gara-gara pandemi virus Corona, salah satu kegiatan penting tersebut adalah kegiatan belajar.

Nah, supaya bisa tetap belajar dengan nyaman. Kalian bisa nih menggunakan aplikasi belajar online yang udah banyak tersedia di berbagai platform. Berikut ini ada beberapa rekomendasi aplikasi belajar online terbaik versi yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Ruangguru

Aplikasi Belajar Online Terbaik, Ruangguru


Para pelajar pasti gak asing deh sama aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang sering muncul di berbagai iklan ini, jadi salah satu aplikasi favorit untuk belajar online. Kelas online yang tersedia beragam lho dari mulai jenjang pendidikan SD hingga SMA, dengan mata pelajaran inti berbasis kurikulum nasional.

Dikala pandemi virus Corona, aplikasi Ruangguru memberikan layanan belajar online secara gratis setiap hari Senin-Jumat, sejak tanggal 16 Maret lalu. Kelas ini dibuka mulai pukul 08.00 sampai jam 12.00.

2. Zenius

Aplikasi Belajar Online Terbaik, Zenius

Selaanjtunya, adalah Zenius. Zenius merupakan aplikasi belajar online yang bisa membantu para pelajar untuk mempersiapkan diri menghadapi UN dan UTBK. Apilkasi ini membantu anak-anak belajar secara mandiri di rumahnya sehingga kegiatan belajar bisa lebih efektif, efisien, serta terarah dan terukur.

Zenius menggratiskan akses untuk menggunakan lebih dari 80 ribu video pembelajaran di seluruh platformnya untuk mempermudah akses para pelajar yang lebih terstruktur.

Kerennya lagi, mayoritas video pembelajaran dihadirkan dengan format whiteboard yang diklaim memerlukan kuota internet paling hemat nih. Guru-gurunya juga dapat turut membagikan konten berupa video pembelajaran dan latihan soal kepada siswa dan orang tua murid melalui berbagai platform media sosial yang ada, seperti grup WhatsApp.

3. Quipper

Aplikasi Belajar Online Terbaik, Quipper


Perusahaan edutech Quipper menggratiskan Quipper School untuk mendukung himbauan dari pemerintah, platform learning management system (LMS) menawarkan belajar yang lebih inovatif dan mudah digunakan untuk para siswa maupun guru. Gak hanya itu, para gueu juga diberikna kemudahan dalam menyusun dan mengelola materi pembelajaran, ujian, dan nilai siswanya.

Siswanya juga dengan mudah mengerjakan PR dan tugas secara online melalui perangkat digital ini. Aplikasi belajar online Quipper bisa diakses ke website utama Quipper. Dan diharapkan layanan Quipper School dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi dampak dari wabah COVID-19.

4. Kelas Pintar

Aplikasi Belajar Online Terbaik, Kelas Pintar

Aplikasi belajar online selanjutnya adalah Kelas Pintar. Aplikasi ini memberikan akses gratis selama sebulan untuk semua guru maupun siswa di seluruh Indonesia, serta bisa diakses setiap hari. Sistem pembelajarannya berpusat pada metode Learn, Practice, dan Test.

Kelas Pintar memiliki berbagai macam materi pelajar. Fitur-fiturnya juga tersedia seperti fitur assesment yang bisa mengakses para guru untuk berinteraksi kepada muridnya secara online. Setiap siswanya mendapatkan materi berupa video, audio ,e-book, dan animasi multimedia.

Selanjutnya, fitur tanya yang berfungsi untuk sesi tanya jawab dari siswa kepada guru-gurunya secara online. Fitur tersebut juga memiliki 2 sesi, mulai dari jam 9 pagi hingga 12 siang, dan 6 sore hingga 9 malam untuk memaksimalkan proses belajar.

5. Google Suite for Education

Aplikasi Belajar Online Terbaik, G Suite for Education.

Untuk membantu pencegahan virus corona, Google for Education menyediakan fitur untuk mendukung aktivitas belajar online dimanapun dan kapan pun. Fitur tersebut adalah Classrom, di fitur tersebut guru bisa membuat kelas online yang diikuit oleh muridnya. Dalam kelas tersebut, para guru bisa melakukan percakapan tertulis, memberikan tugas, memberikan nilai, bahkan streaming video.

Selain itu, sekolah juga bisa mengakses Hangouts Meet yang merupakan alat konferensi video untuk seluruh pengguna G-Suite

6. Office 365 for Education

Aplikasi Belajar Online Terbaik, Office 365 for Education

Microsoft Indonesia saat ini menyediakan Office 365 for Education. Dalam fasilitas ini, pihak sekolah hanya perlu menyediakan domain institusi sebagai identitas digital para guru dan murid. Office 365 ini dapat diakses dan diperbarui secara realtime termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Teams, serta fitur ruang kelas lainnya.

Untuk proses belajar dilakukan secara online secara gratis, para guru bisa bertatap muka dengan murid melalui fitur video conference.

7. Sekolahmu

Aplikasi Belajar Online Terbaik, Sekolahmu.

Aplikasi belajar onlien lainnya adalah Sekolahmu. Sekolahmu menyediakan berbagai macam materi pelajaran yang bisa diakses melalui aplikasi atau situs remisnya. Sekalhmu saat ini bisa diakses secara gratis seiring kebijakan pemerintah untuk belajar dirumah saat pandemi virus corona.

Dalam situs resmi Sekolahmu terdapat juga sesi sekolah online gratis dengan format live streaming melalui Youtube, dipandu oleh para guru dari berbagai sekolah.

SekolahMu menyediakan program-program kurikulum yang sesuai kebutuhan. Salah satunya yaitu program Belajar Tanpa Batas, yang menyediakan live streaming mata pelajaran dengan jenjang yang telah disediakan.

Program-program yang disediakan Sekolahmu telah dirancang dengan sangat baik oleh tim akademik yang berpengalaman dalam menerapkan pembelajaran berbasis kompetensi yang sukses.

8. ICANDO

Aplikasi Belajar Online Terbaik, ICANDO

Yang terakhir, ada ICANDO (I CAN DO) nih. Aplikasi ini cocok buat bantu ajarin adik kalian, terutama yang masih kecil. Aplikasi ini berbasis kurikulum tahun 2013. Banyak mini games yang tersedia di aplikasi ini, jadinya gak bakal bikin adik kalian bosen.

Full-time writer at OKEGUYS
Most topics about Sneakers, Football & Games.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password