Patung Moai Hancur Lebur Dihantam Truk, Penyebabnya Sepele!


Kejadian heboh terjadi di Rapa Nui, wilayah di Polinesia Chile yang dikenal sebagai Pulau Paskah. Sebuah truk pikap menabrak salah satu patung Moai kuno di pulau tersebut.

Edan!

Seperti yang diberitain The Guardian, kejadiannya pada 5 Maret lalu. Akibat insiden ini, kerusakan yang ditanggung tak terhitung lagi.

Pihak berwenang setempat membuktikan, truk yang dikemudikan penduduk Rapa Nui mengalami masalah pada rem. Jadi truk meluncur menuruni bukit dan menabrak platform seremonial patung tersebut.



Pemilik truk tentunya bakal dapet hukuman berat. Bisa berupa denda hingga Rp172 juta. Namun, bakal dilakukan penyelidikan selama 90 hari oleh pihak berwenang sebelum vonis dijatuhkan

Yang pasti, akibat kejadian ini, Wali Kota Pulau Paskah, Pedro Edmund mengatakan, bakal memberlakukan undang-undang lalu lintas khusus. Dia berharap, UU itu bisa membantu melindungi monumen nasional yang dikunjungi oleh sekitar 12 ribu wisatawan setiap bulannya tersebut.

Ada total 1.000 kepala monolotik atau Patung Moai di pulau tersebut. Patung-patung itu berasal dari 500 hingga 1.000 tahun yang lalu. LiveScience mengeluarkan data ukuran patung tersebut mencapai 40 kaki dan memiliki berat 75 ton.

Editor in Chief | OKEGUYS
I am an experienced journalist.
Pernah mengabdi di Kompas.com, Viva.co.id, Bola.com dan BBM Indonesia.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password