Negeri Dongeng, Sebuah Perjalanan Mengungkap Arti Cinta Tanah Air


Negeri Dongeng – “Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah, kami naik gunung.” -Soe Hok Gie.

Begitulah ucapan dari Soe Hok Gie, salah satu sosok icon pergerakan sekaligus seorang pendaki gunung. Film Negeri Dongeng merupakan sebuah film dokumenter karya sineas muda berbakat tanah air. Anggi Frisca (Sturadara) dan Chandra Sembiring (Produser). Serta beberapa guest expeditor seperti Nadine Chandrawinata, Medina Kamil, dan Darius Sinathriya.

Bagi sebagian pendaki, keindahan alam adalah sebuah keindahan nyata yang kaya akan rasa. Berhasil sampai kepuncak, mengibarkan bendera merah putih, melihat keindahan awan serta terpaan hembusan angin yang seakan menyapu wajah dan tiap helai rambut kita, menjadi pengalaman yang tak akan bisa terbayarkan oleh apapun.

Film ini Menceritakan sebuah ekspedisi pendakian tujuh gunung di Indonesia, mereka mempunyai misi untuk memperlihatkan keindahan alam Indonesia dengan perspektif yang berbeda.

Ekspedisi nyata ini melibatkan tujuh sinematographer sekaligus pendaki, awal perjalanan dari film dokumenter ini bermula dari persahabatan antara Anggi Frisca, Jogie KM Nadeak, Yohanes Pattiasina, Wihana Erlanga, Teguh Rahmadi, dan Rivan Hanggarai.

Awalnya mereka melakukan pendakian di gunung Kerinci, Jambi. Para pendaki tersebut tidak hanya bercerita tentang proses pendakian saja seperti perjuangan melawan kerasnya cuaca yang tak menentu, bekerja sama dengan tim, serta hal yang paling berat dari semua itu adalah Keberanian untuk melawan diri sendiri. Disini Mereka juga menceritakan tentang kisah kehidupan warga disekitar gunung kerinci.

Dari Gunung Kerinci, mereka melanjutkan perjalanan menuju gunung semeru di Jawa timur. Bentang alam yang indah serta kesempatan untuk mendengarkan kisah penduduk sekitar tidak terlewat sedikitpun.

Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan menuju Lombok, NTB. Dengan tujuan gunung Rinjani, disini mereka bertutur sapa dengan Pendaki dari negara lain, ada satu momen yang cukup mengharukan. Dimana seorang pendaki, Yohanes Pattiasina merayakan natal di atas gunung menggunakan ranting-ranting yang berjatuhan disekitar gunung, kendati tidak bersama keluarganya Yohanes merasa beruntung karena Natal saat itu dilewatkan bersama dengan keluarga lainnya, sahabat-sahabatnya.


Sesungguhnya, film dokumenter Negeri Dongeng ini sarat akan makna, dimana setiap tempat yang mereka lalui mampu memicu emosi yang berbeda-beda. Cinta, Semangat, kesedihan, hingga kepuasan saat berhasil sampai kepuncak, semua tergambar jelas dalam film ini.

Film produksi AKSA 7 ini berhasil memperlihatkan keindahan alam yang tersaji di gunung-gunung di Idonesia, serta memperilhatkan beberapa temuan kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia. Film ini mampu menjadi refleksi bagi kita untuk dapat lebih menghargai dan menjaga alam, serta rasa akan cinta tanah air.

Full-time writer | OKEGUYS
A person who likes watching and really likes the world of design, motion, video editing, and writing.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password