Negara yang Kasih Jam Makan Siang Terlama


Jam makan siang dimanfaatkan banget untuk ngobrol sambil menyantap makanan bareng teman kantor. Sayangnya, kalau di Indonesia rasanya satu jam memang kurang nggak sih? 

Soalnya kesannya terburu-buru. Selain harus makan, sebagian besar masyarakat Indonesia juga harus sholat kan? Memang sih, banyak perusahaan yang tak masalah jika pekerjanya mengambil jam makan siang lebih dari satu jam.

Namun, justru negara ini kasih jam makan siang yang lama banget lho kepada pekerjanya. Negara mana saja? Simak di bawah ini, guys.

1. SPANYOL – 3 JAM

jam makan siang



Guys, Spanyol kasi waktu jam makan siang selama 3 jam! Nggak bercanda lho ini. Waktu jam istirahat para pekerja di Spanyol mulai dari jam 02:00 PM hingga 05:00 PM. Kok bisa, ya?

Sebab, jam makan siang di Spanyol menyesuaikan keadaan di sana, guys. Penduduk Spanyol terbiasa makan telat jam 10:00 PM. Lalu, cuaca mulai panas dari pukul 02:00 siang, sehingga dapat menurunkan produktivitas pekerja.

Makanya dikasih waktu istirahat yang lama. Jam masuk kerjanya sekitar 08:00 AM hingga 08:00 PM.

2. YUNANI – 3 JAM

jam makan siang

Jika Spanyol memberi waktu pekerjanya untuk istirahat, berbeda dengan Yunani. Well, nyaris sama sih sebetulnya. Soalnya kalau versi Yunani, istirahat selama 3 jam khusus digunakan untuk makan.



Kenapa harus selama itu? Sebab, masyarakat Yunani biasa makan siang di rumah. Jadi bukan kayak kita, yang tipenya segera makan supaya lanjut kerja. 

Nah, kalau mereka nggak seperti itu, guys. Setelah makan siang di rumah jam 02:00 PM, mereka akan lanjut tidur siang dan kembali ke kantor pukul 05:00 PM. Siapa nih yang pengen kerja di Yunani aja?

3. CHINA – 2 JAM

jam makan siang

Negeri Tiongkok ini memberi waktu istirahat selama 2 jam untuk tidur dan makan. Biasanya dimulai saat tengah hari bolong hingga jam 02:00 PM. Sistem ini dijalankan karena pekerja pabrik di sana percaya dampak positif dari tidur siang walau hanya 30 menit.

Kamu setuju nggak nih, guys sama teori ini? Kalau penulis sih setuju.



4. PRANCIS – 2 JAM

jam makan siang

Kebanyakan pemilik toko di Prancis akan menutup gerainya pada pukul 02:00 hingga 04:00 PM. Lamanya waktu istirahat ini menyesuaikan jam rehat pekerja dewasa dan jam makan siang anak sekolah.

Menurut sebuah penelitian, orang Prancis bisa menghabiskan waktu makan siang selama 45 menit. Hmm lama ya, mungkin makan sambil ngobrol?

5. BRAZIL – 2 JAM

jam makan siang

Sama seperti Spanyol, warga Brazil terbiasa makan telat. Jadi, mereka lebih dibebaskan untuk mengatur waktu bekerja. Misalnya, mereka akan menjadwalkan rapat di luar kantor sekitar pukul 10:30 hingga 11:00 AM. 

Setelahnya, mereka bisa mengambil waktu istirahat selama 2 jam. Jadi lumayan fleksibel, guys.

Jam makan siang dari lima negara di atas, bikin kamu ngiri nggak nih, guys?

 

Freelance Writer at OKEGUYS.COM

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password