Cara Hapus Otomatis Riwayat Browsing dan Lokasi di Google Chrome


Browser Google Chrome mengumpulkan dan mengingat semua informasi tentang aktivitas setiap pengguna, termasuk browsing web dan riwayat lokasi kamu.

Jika kamu ingin data lokasi dan semua aktivitas browsing tersebut dihapus, Google Chrome dapat melakukannya secara otomatis.

Ya, kamu dapat mengatur Google Chrome untuk menghapus riwayat browsing, aktivitas dan lokasi secara otomatis untuk pengguna baru setelah 18 bulan.

Namun sebagai catatan, Google Chrome tetap akan mengingat semua riwayat selamanya jika sebelumnya kamu mengaktifkan opsi default.



Mengatur Google untuk Hapus Riwayat Aktivitas Otomatis

Terkait hal ini, bagaimana cara membuat Google Chrome untuk menghapus aktivitas dan riwayat lokasi secara otomatis? Kamu bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka browser Google Chrome.

2. Lalu, buka halaman Activity Control dan masuk (login) menggunakan akun Google milikmu, jika belum masuk.
Klik opsi “Auto-delete” di bawah Web & App Activity.

3. Pilih kapan kamu ingin menghapus data -setelah 18 bulan atau 3 bulan penggunaan. Klik “Next” dan konfirmasi pengaturan.



Sebagai catatan penting: Google menggunakan riwayat ini untuk mempersonalisasi pengalaman kamu, termasuk hasil browsing web dan rekomendasi penelusuran.

Menghapus semua catatan aktivitas tersebut akan membuat pengalaman Google kamu menjadi kurang “dipersonalisasi”.

4. Gulir ke bawah pada laman dan ulangi proses ini untuk jenis data lain yang mungkin ingin dihapus secara otomatis, termasuk Location History (Riwayat Lokasi) dan YouTube History.

menghapus otomatis riwayat browsing google chrome



5. Kamu juga dapat menonaktifkan pengumpulan riwayat aktivitas (activity history collection) dengan klik toggle (penggeser) di sebelah kanan jenis data.

Jika berwarna biru, itu artinya telah diaktifkan. Jika berwarna abu-abu, artinya dinonaktifkan.

6. Jika opsi “Auto-delete” untuk jenis data riwayat berwarna abu-abu, itu dikarenakan kamu telah menjeda (menonaktifkan) pengumpulan data tersebut.

7. Selanjutnya, kamu juga dapat menuju ke halaman My Activity dan gunakan opsi “Delete activity by” di sidebar kiri untuk secara manual menghapus berbagai jenis data yang disimpan di akun Google kamu.

Sebagai catatan, pastikan untuk mengulangi proses ini untuk setiap akun Google yang kamu gunakan, ya.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password