Cara Mengatur Microsoft Edge untuk Memulai Browser dalam Mode InPrivate


Jika kamu menggunakan Microsoft Edge di PC/komputer Windows 10 dan ingin menjaga riwayat penelusuran tetap pribadi secara default, kamu dapat membuat Edge selalu memulai browser dalam mode InPrivate.

Tutorial cara mengatur Microsoft Edge agar memulai browser dalam mode InPrivate, akan OKEGUYS jelaskan dalam artikel berikut ini.

Simak ulasannya sampai selesai ya, Goodguys!

Apa Itu Mode InPrivate?



Sebelum masuk pada langkah-langkahnya, ada baiknya kamu ketahui dulu apa itu mode InPrivate di Microsoft Edge.

InPrivate adalah nama mode penjelajahan (browser) pribadi Microsoft Edge.

Saat menggunakan InPrivate, Microsoft Edge menghapus riwayat penelusuran lokal lainnya dan menutup semua jendela browser yang kamu buka.

Tetapi, bookmark dan file unduhan kamu akan dipertahankan kecuali kamu menghapusnya secara manual. Ini juga mencegah mode pencarian Bing dikaitkan dengan akun Microsoft kamu.

Cara Memulai Browser Microsoft Edge dalam Mode InPrivate

Untuk menggunakan Microsoft Edge selalu dalam mode InPrivate, kamu perlu mengubah opsi baris perintah di shortcut launch Edge.



Pertama, temukan dulu shortcut yang kamu gunakan untuk meluncurkan Edge. Bisa kamu lihat di Start Menu, Dekstop, ataupun di taskbar.

Saat menu muncul, klik kanan pada kata “Microsoft Edge”, lalu pilih “Properties”.

Jendela Properties akan muncul. Di tab “Shortcut”, cari kotak teks di samping kata “Target”. Ini berisi jalur ke aplikasi Edge yang kamu jalankan setiap kali kamu mengklik shortcut.



Pada kotak Target, ada sedikit bagian yang perlu ditambahkan di bagian ujung isinya. Ketikkan: -inprivate, di dalam kotak Target, seperti yang terlihat di gambar bawah.

Klik “OK” untuk menutup jendela Properties. (Apabila kamu mendapatkan peringatan saat mengklik “Apply”, abaikan saja dan klik “OK” untuk melanjutkan.)

Pada lain waktu ketika kamu akan membuka Edge dari shortcut, aplikasi Microsoft Edge akan langsung memulai browsing dalam mode InPrivate.

Jika kamu mengalami masalah saat launch Edge dari shortcut yang dimodifikasi tadi, periksa kembali apakah kemungkinan kamu salah ketik di bagian kotak “Target”.

Tapi semisal kamu masih mengalami masalah setelah hal itu diperiksa, coba hapus shortcut tersebut, kemudian buat yang baru, dan coba modifikasi lagi.

Cara Menghapus Mode InPrivate Browsing di Microsoft Edge

Jika kamu ingin browser di Microsoft Edge terbuka dalam mode normal (default), kamu dapat membuka shortcut di bagian Target dan menghapus opsi “-inprivate”.

Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang InPrivate di Microsoft Edge, termasuk cara membuka mode InPrivate di Microsoft Edge.

Semoga bermanfaat untuk kamu ya, Goodguys!

Referensi: How to Geek

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password