Cara Menambahkan Pengecualian File (Exclusions) di Microsoft Defender


Microsoft Defender, yang terintegrasi ke dalam Windows 10, bertugas untuk scan file atau folder PC kamu secara otomatis dari risiko malware yang bisa kapan saja terjadi.

Nah, untuk meningkatkan kinerja tugas-tugas seperti kompilasi kode atau menjalankan mesin virtual, kamu dapat menambahkan pengecualian (Add Exclusions) di Microsoft Defender.

Dengan menambahkan pengecualian file, Microsoft Defender tidak akan pernah lagi melakukan scan pada file atau folder yang ditandai tersebut.

Menambahkan Pengecualian File/Folder di Microsoft Defender

Pengecualian (exclusions) tersebut juga dapat membantu jika kamu menemukan kesalahan saat program Microsoft Defender menandai file yang berisiko sebagai malware.



Peringatan: Hati-hati dengan file atau folder yang dikecualikan. Sebab, Microsoft Defender tidak akan memindai (scan) file dan direktori yang dikecualikan untuk mencari malware.

Lalu, bagaimana cara menambahkan pengecualian file/folder di Microsoft Defender pada Windows 10? Ikuti saja langkah yang OKEGUYS jelaskan berikut ini, ya!

1. Pertama, kamu perlu launch Windows Security terlebih dahulu untuk mengubah beberapa pengaturan.

Caranya, buka menu Start dan ketik “Windows Security”. Kemudian, pilih aplikasi “Windows Security”.



2. Di bagian Windows Security, navigasikan ke “Virus & Threat Protection”. Kemudian, klik “Manage Settings”.

3. Pada bagian “Virus & Threat Protection Settings”, silahkan gulir ke bagian paling bawah halaman, dan klik “Add or Remove Exclusions”.

4. Di halaman Exclusions, kamu dapat menambah atau menghapus file yang ingin kamu kecualikan dari pemindaian Microsoft Defender.

Untuk menambahkan pengecualian (add exclusions), silahkan klik tombol “Add An Exclusion” di samping simbol plus besar (+).



5. Sebuah menu kecil akan muncul, memungkinkan kamu untuk menentukan exclusions, berdasarkan File, Folder, File type, atau Process.

Sebagai catatan: Apa yang kamu pilih bergantung pada jenis pengecualian yang kamu coba buat. Karena itu, kenali dulu tipe exclusions yang akan dipilih:

  • File: Jika kamu memilih ini, sebuah kotak akan muncul yang memungkinkan kamu untuk menelusuri PC untuk memilih satu file yang akan dikeluarkan dari pemindaian selanjutnya. Pilih file yang kamu inginkan, lalu klik “Open”.
  • Folder: Seperti opsi File, ini akan memungkinkan kamu menelusuri komputer untuk folder/file tertentu yang akan dikecualikan dari pemindaian Microsoft Defender. Isi folder dan subfolder juga akan dikecualikan.
  • File type: Sebuah kotak akan muncul, meminta kamu untuk memasukkan ekstensi file (misalnya, “.MID”) yang mewakili jenis file yang ingin dikecualikan. Semua file jenis itu akan dikecualikan dari pemindaian selanjutnya. Yang ini berbahaya karena kamu mungkin secara tidak sengaja menandai pengecualian sebagian besar file yang berpotensi berbahaya, seperti file PDF atau DOC.
  • Process: Sebuah pop-up akan memintamu untuk memasukkan nama proses (program sedang berjalan, yaitu “explorer.exe”) untuk dikecualikan dari pemindaian.

6. Pilih salah satu dari pilihan di atas dan buat pilihan yang diperlukan pada dialog pop-up yang muncul di layar PC.

7. Setelah kamu menambahkan pengecualian (exclusions), pengecualian tersebut akan muncul dalam daftar di halaman Exclusions di Microsoft Defender.

8. Jika kamu ingin menghapus pengecualian yang telah kamu tetapkan, arahkan kursor mouse ke item tersebut. Lalu, klik tombol “Remove” yang muncul.

9. Setelah selesai, tutup Windows Security dan setelan baru kamu akan disimpan. Nantinya, sistem PC akan melakukan scan Defender dan item yang ditambahkan ke daftar pengecualian tidak akan lagi menimbulkan masalah.

Itulah penjelasan singkat OKEGUYS tentang Microsoft Defender, yang dalam hal ini membahas cara menambahkan pengecualian file atau folder (add exclusions) di Microsoft Defender pada Windows 10.

Semoga artikel kali ini bermanfaat ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password