Tips Memotret Pemandangan Gunung Saat Mendaki


Traveling dan fotografi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kalau kamu sedang liburan ke alam pasti tidak tahan buat memotret kan. Apalagi kalau ada pemandangan gunung nan indah.

Sebenarnya, untuk mendapatkan hasil yang apik ada beberapa tips yang harus dilakukan. Tips memotret pemandangan agar lebih jelas. Terlebih lagi buat kamu yang hobi mendaki.

Momen mendaki dan pemandangan sekitarnya pasti ingin diabadikan kan? Tidak perlu berlama-lama lagi, contek nih teknik memotret pemandangan gunung ala Okeguys.

Memperhatikan Waktu

Demi menghasilkan foto yang indah, waktu menjadi hal penting. Nah, kalau tujuanmu mendapatkan foto pemandangan yang indah, perhatikan waktu.



Misalnya kapan akan turun kabut, waktu hujan, atau malam hari. Tapi yang pasti, bulan Juni – Agustus adalah waktu terbaik untuk mendaki.

Sehingga kamu juga bisa dapat foto pemandangan yang keren.

Mempertimbangkan Kamera yang Dipakai

Selain waktu, tools yang digunakan juga sangat memengaruhi. Kamera yang kamu pakai juga akan menentukan hasil gambar yang diambil.

Meski sebenarnya bakat foto menjadi faktor yang penting juga. Tapi dengan menggunakan kamera yang mumpuni hasilnya bisa lebih jelas, tajam, dan nyata.

Jadi, usahakan untuk menggunakan kamera DSLR atau minimal mirrorless dengan spec DSLR. Kalau ngga punya, bisa sewa aja guys.



Cari Momen yang Tepat

pemandangan gunung 01

Pada dasarnya pemandangan gunung sudah keren sejak dulu. Tapi, kamu bisa mendapatkan bonus yang lebih oke.

Misalnya saja pada saat sunrise, kabut tipis, dan banyak lainnya. Dengan begitu, hasil fotomu bisa beda dari yang lain.

Jadi, tunggulah momen yang tepat dan mengagumkan.

Angle yang Berbeda

Trik selanjutnya adalah mengambil foto dari angle yang berbeda. Jika biasanya orang-orang mengambil dari sisi depan gunung, mungkin kamu bisa ambil sisi lainnya.



Misalnya nih sisi samping, sisi ketika dilihat dari balik pohon, dan yang lainnya. Kamu harus bisa mengexplore apapun untuk mendapatkan hasil dengan nilai lebih.

Jadi ngga hanya kamu yang puas dengan hasilnya, orang lain yang melihat pun juga jadi ingin mendaki.

Pakai Tripod

Tripod sebenarnya buat pihak ketiga saja. Mungkin jarang orang-orang yang menggunakan tripod. Tapi jangan salah, saat mendaki pasti sangat dibutuhkan.

Apalagi ketika kamu ingin memotret landscape gunung saat malam hari. Lengkap dengan background bintang-bintang di langit. Kebayang kan indahnya.

Well, sebaiknya memang tetap membawa tripod untuk hasil foto yang lebih keren.

Jadi gitu guys, tips dan trik memotret pemandangan gunung yang keren. Tapi, kalau memang sudah bakat pakai kamera apapun juga pasti keren.

Content Writer | OKEGUYS
I am a senior freelance content writer and social media specialist. I have written for Hivemind, Qupas Indonesia, Ibukata.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password