7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Selain Sembuhkan Luka


Lidah buaya (aloe vera) adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe.

Tumbuhan ini berasal dari Jazirah Arab dan telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia.

Selain sudah terkenal, lidah buaya pun banyak dibudidayakan untuk pertanian, pengobatan, dan tanaman hias, bahkan bisa ditanam dalam pot.

Saat ini pun, lidah buaya banyak ditemukan dalam berbagai produk seperti minuman, olesan untuk kulit, kosmetik, atau obat luar untuk luka bakar.



Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Dengan memiliki 75 senyawa aktif meliputi vitamin, mineral, enzim, gula, lignin, asam amino, dan asam salisiat, lidah buaya punya berbagai khasiat untuk kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Mengurangi Kadar Gula Darah

Lidah buaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu meningkatkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian menunjukkan gel lidah buaya dpaat membantu mengatasi kadar gula darah bagi pasien diabetes.



Selama penelitian, satu sendok makan jus lidah buaya diberikan kepada pasien diabetes dua kali sehari selama dua minggu.

Hasilnya adalah peningkatan signifikan pada kadar gula darah dan trigliserida di tubuh pasien diabetes.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kemudian, lidah buaya juga mengandung sifat antivirus dan antibakteri. Kedua sifat ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Apabila sistem kekebalan (imunitas) tubuh kuat, maka tubuh mampu melawan patogen dan melindungi diri dari berbagai penyakit.



3. Menjaga Kesehatan Mulut

Salah satu khasiat lidah buaya adalah dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Hal ini karena lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Terkait hal itu, sebuah penelitian telah menunjukkan efektivitas gel lidah buaya dalam mengobati radang gusi yang diinduksi plak dan penyakit periodontal.

4. Menyembuhkan Luka

Gel lidah buaya memiliki sifat penyembuhan luka yang secara signifikan meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Oleh karena itu, luka bakar dan luka bisa sembuh lebih cepat ketika gel lidah buaya dioleskan pada kulit.

Selain itu, manfaat tanaman lidah buaya juga terbukti efektif mempercepat penyembuhan luka pada operasi flap periodontal.

5. Meredakan Perut Mulas

Penyakit refluks gastroesofagus, juga dikenal sebagai refluks asam adalah suatu kondisi yang terjadi saat asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

Lidah buaya telah terbukti memiliki kemampuan untuk menurunkan gejala penyakit refluks gastroesofageal (GERD) yang meliputi mulas, muntah, dan bersendawa.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain bermanfaat banyak untuk kesehatan fisik, lidah buaya pun berkontribusi menjaga kesehatan kulit.

Lidah buaya membantu dalam produksi serat kolagen dan elastin. Ini akan membuat kulit lebih kencang dan mencegah keriput.

Sementara itu, asam amino dan nutrisi lain dalam lidah buaya bertindak melembutkan sel-sel kulit yang mengeras.

Tanaman lidah buaya juga berperan sebagai zat untuk mengencangkan pori-pori kulit. Hal ini meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi munculnya keriput.

7. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Tak kalah penting, lidah buaya adalah pilihan yang sangat baik untuk mendorong pertumbuhan rambut secara alami dan menghentikan kerontokan rambut.

Sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang terdapat di lidah buaya secara efektif mampu mengobati masalah rambut, seperti ketombe, rambut rontok dan radang kulit kepala.

Freelance Writer | OKEGUYS

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password