7 Manfaat Jus Buah Ara untuk Kesehatan, Konsumsi Rutin


Buah ara atau dikenal dengan sebutan ‘tin’ (bahasa Arab) merupakan buah dari pohon ara, berasal dari Asia Barat dan Timur Tengah.

Seperti halnya buah-buahan lain, kandungan nutrisi buah ara sangat banyak, seperti serat, kalium, kalsium, dan magnesium.

Maka tak heran, jika buah berbentuk lonceng ini baik dikonsumsi secara rutin. Meskipun memiliki banyak biji, buah ara mudah dicerna oleh tubuh.

Salah satu cara sehat mengonsumsi buah ara yaitu dengan mengolahnya menjadi jus. Untuk menyiapkannya tidak repot, kok.



Kamu hanya perlu merendam buah ara mentah selama satu malam. Kemudian pada esok paginya, buah ara dapat dihaluskan dan diolah menjadi segelas jus.

Manfaat Jus Buah Ara untuk Kesehatan

Tak jauh berbeda dengan dimakan langsung, buah ara yang sudah dijadikan jus ternyata memiliki khasiat baik untuk kesehatan.

Okeguys kali ini rangkum beberapa manfaat jus buah ara untuk kesehatan, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber:

1. Menjaga Berat Badan

Kandungan serat pada buah ara sangat penting untuk kesehatan pencernaan serta memberikan efek kenyang tahan lama.



Dengan begitu, rutin minum jus buah ara akan mengurangi kebiasaan makan berulang kali dan menjaga berat badan tetap ideal.

2. Mengobati Insomnia

Buah ara memiliki efek potensial pada sistem saraf pusat (SSP). Sebuah penelitian menyebut, jus ara bisa mengatasi kecemasan, migrain, dan mengobati insomnia (sulit tidur di malam hari).

3. Mencegah Risiko Diabetes

Menurut sebuah penelitian, ekstrak etil asetat dalam buah ara dapat meningkatkan pemanfaatan glukosa dan mengendalikan diabetes.



Studi tersebut juga mengatakan bahwa jus buah ara memiliki efek sitoprotektif pada sel beta pankreas yang membantu mengatur kadar glukosa dalam tubuh.

4. Meringankan Penyakit Pernapasan

Jus ara kaya akan senyawa fenolik dan asam organik. Dua kandungan itu dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi.

Untuk diketahui, anti-inflamasi ini membantu meringankan penyakit pernapasan seperti batuk, sakit tenggorokan, atau masalah bronkial lainnya.

5. Mencegah Risiko Alzheimer

Ara merupakan sumber antioksidan, polifenol, serat makanan, vitamin dan mineral yang baik. Buah ini juga mengandung banyak asam amino dan nol kolesterol.

Menurut penelitian, tingginya konsentrasi senyawa baik dalam jus buah ara dipercaya membantu mencegah penyakit neurodegeneratif terkait usia, seperti Alzheimer.

6. Memperlambat Penuaan

Manfaat kesehatan minum jus buah ara lainnya yaitu menangkal radikal bebas, menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Hal itu karena buah ara memgandung banyak senyawa fenolik yang bertindak sebagai antioksidan.

Buah ara juga memiliki kandungan flavonoid tinggi dan anthocyanin yang menawarkan sifat anti-inflamasi untuk kesehatan kulit.

7. Membantu Pembentukan Otot Tubuh

Jus ara kaya akan karbohidrat dan gula alami yang membantu meningkatkan energi, sehingga memungkinkan seseorang beraktivitas banyak tanpa rasa lelah berlebih.

Selain itu, protein tinggi yang terdapat pada jus buah ara berkontribusi dalam pembentukan massa (otot) tubuh.

Freelance Writer | OKEGUYS

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password