6 Mainan Jadul yang Serunya Gaada Lawan!


Anak-anak milenial saat ini pasti hampir semuanya memiliki gadget untuk hiburan atau sekedar main game. Mulai dari handphone yang semakin canggih, video game, tablet, dan teknologi lainnya sudah banyak sekali genre permainan.

Beda banget dengan permainan di tahun 90an dulu. Bahkan, di tahun 90an anak-anak jarang banget nih yang udah punya gadget. Mainan jaman dulu terbilang lebih unik jika dibandingkan dengan mainan jaman sekarang yang didominasi oleh teknologi. Mainan jadul tersebutlah yang menjadi andalan untuk dimainkan bersama teman-teman di sekolah maupun di rumah. Ini dia beberapa mainan jadul yang serunya gaada lawan:

1. Kelereng

(pixabay) – Kelereng.

Pasti kalian udah gak asing kan dengan mainan satu ini. Kelereng atau gundu menjadi salah satu mainan jadul yang dikoleksi anak-anak generasi 90-an. Biasanya kelereng ini dikumpulkan dan disimpan di toples atau botol plastik.



Semakin banyak kelereng yang kamu punya, berarti tandanya semakin jago kamu bermain kelereng. Karena biasanya, jika lawan bermain kalian kalah, maka yang kalah harus menyerahkan sejumlah kelerengan kepada pemenangnya.

Ada beberapa jenis kelereng, mulai dari kelereng susu, kristal dan lain-lain. Nah kalian dulu sering koleksi kelereng yang jenis apa nih?

2. Tamagotchi

(wikipedia) – Tamagotchi.

Konsol game satu ini menjadi benda yang diidam-idamkan anak generasi 90-an dikala itu. Tamagotchi adalah permainan yang membuat seolah kita memelihara hewan beneran.

Tapi kayaknya lebih sulit menjaga hewan di Tamagotchi ketimbang di dunia nyata. Karena, telat buang air besar aja bisa membuat peliharaan kita sakit bahkan ilang gitu aja. Jadi, kerja keras kita memelihara hewan tersebut selama ini sia-sia dan harus memulai dari awal lagi deh.



3. Congklak

(goodnewsfromindonesia) – Congklak.

Congklak dimainkan oleh dua orang secara bergiliran. Sebagian orangtua mengenalkan mainan congklak kepada anaknya dengan tujuan untuk memberikan pelajaran menabung kepada anaknya.

Untuk ikut permainan ini biasanya harus jago mengitung nih. Soalnya kalau nggak, dijamin deh kamu bakalan kalah terus dan akhirnya kena hukuman.

Saat ini congklak juga masih sering kita temukan di beberapa toko mainan. Bahkan, modelnya sekarang beragam dan banyak motif lainnya. Harga mainan congklak ini kisaran dari 35-45 ribu. Sedangkan congklak yang berbahan plastik dibandrol dengan harga 15-20 ribu rupiah.

4. Tamiya

(idntimes) – Tamiya.



Mainan yang memiliki kenangan dimasa kecil adalah Tamiya. Tamiya biasanya dikoleksi oleh bocah laki-laki. Mainan ini mengajak kalian menjadi seorang mekanik, memodifikasi, supaya mobil ini bisa jalan.

Dulu tamiya juga booming karena serial animasinya yang berjudul Let’s and Go, sering muncul di stasiun televisi lokal. Hayo, siapa yang sering nonton serialnya?

5. Bekel

(suaramerdeka) – Bekel.

Untuk anak perempuan generasi 90-an pasti gak asing dengan mainan bekel satu ini. Bekel pernah menjadi mainan yang paling ngehits nih.

Biasanya bekel dimainkan oleh 2-5 orang. Permainan ini mengandalkan ketangkasan si pemain dalam menangkap bola sekaligus membolak-balik biji bekel.

Serunya lagi, permainan ini memiliki tingkat level kesulitan. Semakin lama pemain bertahan, semakin sulit tantangan untuk membalikkan biji bekelnya.

6. Yoyo

(wikipedia) – Yoyo

Selain mainan jadul diatas, Yoyo adalah salah satu mainan legendaris hingga saat ini yang masih banyak penggemarnya loh. Dulu, saat setiap pulang sekolah pasti penjual Yoyo langsung dikerubungi bocah laki-laki yang ingin membeli mainan ini.

Bagi anak-anak jaman dulu, asyiknya bermain Yoyo karena bisa menguasai trik-trik mengayunkan yoyo yang biasa diadu dengan teman-teman lainnya. Selain itu, harga mainan ini juga relatif terjangkau.

Full-time writer at OKEGUYS Most topics about Gadget, Football & Games.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password