4 Kebiasaan dan Cara Diet Tidak Sehat, Sebaiknya Dihindari


Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat, salah satunya dengan melalukan diet.

Sayangnya, kebanyakan orang yang ingin kurus dalam waktu singkat menerapkan cara diet tidak sehat dan salah, sehingga menyebabkan masalah kesehatan lain.

Cara diet kilat memang banyak dipaparkan di berbagai platform dunia maya. Namun, seringkali tips diet tersebut jarang menjelaskan tentang efek sampingnya bagi kesehatan.

Kebiasaan dan Cara Diet Tidak Sehat

Beberapa orang yang sudah menerapkan cara diet berisiko, biasanya tidak sanggup bertahan lama. Ujung-ujungnya, mereka merasa ada yang salah pada tubuh sejak menjalankan diet tersebut.



Lalu, apa saja kesalahan diet atau cara diet tidak sehat yang sebaiknya dihindari dari sekarang?

Untuk lebih tahu, Okeguys telah merangkum beberapa kebiasaan cara diet tidak sehat, sebagaimana dilansir dari Boldsky:

1. Jus Diet

Tahukah kamu, ternyata sering minum jus diet tidak akan membantu menurunkan berat badan. Sebab, jus diet bukan menghilangkan lemak tubuh, melainkan massa air dan otot.

Bagi sebagian orang, jus diet memang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun jika dikonsumsi jangka panjang, tubuh akan kekurangan mikronutrien dan makronutrien penting.



2. Diet Rendah Lemak

Salah satu kebiasaan diet yang buruk adalah melakukan diet rendah lemak untuk menurunkan berat badan.

Pasalnya, diet rendah lemak justru menyebabkan ketidakseimbangan hormon, risiko diabetes lebih tinggi, kesehatan jantung memburuk, dan fungsi otak menurun.

3. Diet Rendah Karbohidrat

Rendahnya kadar karbohidrat pada tubuh akan menyebabkan masalah kesehatan seperti lemas, bau mulut, sakit kepala, kelelahan, dan ruam kulit.



Pada akhirnya, cara diet rendah karbohidrat merupakan ide buruk dan tidak akan membantu dalam penurunan berat badan.

Diet rendah karbohidrat berfokus pada protein, ikan, telur, ayam dan sayuran non-tepung (tidak termasuk kacang-kacangan, buah-buahan, roti dan biji-bijian).

4. Diet Ketat

Diet ketat adalah strategi penurunan berat badan dalam waktu yang lebih singkat daripada jenis diet lainnya.

Beberapa contoh diet ketat adalah diet sup ayam, diet sup kubis, diet jeruk Bali merah atau grapefruit, diet jus dan sebagainya.

Banyak orang sudah menerapkan diet ketat ini. Namun, menjalankan diet ketat justru berdampak pada kenaikan berat badan, melemahkan sistem kekebalan tubuh, hingga meningkatkan risiko dehidrasi.

Freelance Writer | OKEGUYS

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password