Beberapa Jenis Masker Kesehatan Yang Harus Dikenali


Di tengah wabah virus COVID-19, masker menjadi benda paling penting saat ini. Edukasi soal jenis masker kesehatan pun juga harus ditingkatkan. Hal itu dilakukan agar masyarakat tak salah kaprah.

Oleh karena itu, Okeguys bakal membahas tentang berbagai jenis masker kesehatan. Jadi ngga cuma masker yang selama ini kita kenal atau kita pakai guys. Apa ajasih macam-macamnya? Simak yuk, beberapa jenis masker untuk kesehatan berikut ini.

Masker Kain

jenis masker kain

https://www.lazada.co.id/

Ini salah satu masker yang sering kita temui. Masker ini bisa dicuci dan digunakan kembali. Sebenarnya, tidak ada studi yang menunjukkan bahwa masker ini aman untuk mencegah penyakit.



Namun jika pemakainya jarang mencuci maka kuman bisa dengan mudah masuk. Pasalnya, masker kain mudah basah dan lembab. Jadi, usahakan untuk tidak lupa mencucinya dengan rutin.

Masker Bedah

jenis masker bedah

https://lifestyle.okezone.com/

Jenis masker yang satu ini juga banyak ditemui. Apalagi kalau sedang berada di rumah sakit. Masker bedah atau prosedur medis sekali pakai biasanya berwarna hijau atau biru.

Umumnya juga digunakan oleh dokter yang hendak melakukan pembedahan. Fungsinya untuk mencegah air liur atau batuk. Agar area operasi yang steril tidak terkontaminasi kuman atau virus.

Masker Kertas Sekali Pakai

jenis masker kesehatan

https://my24hours.net/



Kalian pasti juga sudah tidak asing dengan jenis masker kesehatan yang satu ini. Biasanya berwarna putih. Bahannya pun bertekstur kasar seperti kertas.

Sebenarnya juga tidak ada penelitian khusus yang menunjukkan manfaat masker jenis ini. Apakah bisa mencegah virus masuk juga belum jelas.

Masker Respirator N95

jenis masker respirator N95

https://www.sehatq.com/

Nah, kalau yang satu ini sedang banyak dicari. Masker respirator N95 bermanfaat untuk melindungi dari partikel kecil udara. Dinamakan N95 sendiri karena mampu menyaring 95% partikel sekecil 0,3 mikron di udara.

Jenis ini menjadi masker yang mampu mencegah Corona. Virus yang sedang merajalela di seluruh dunia saat ini. Padahal coronavirus memiliki ukuran rata-rata sedikit di atas 0,1 mikron.



Sehingga secara teoritis, beberapa partikel virus masih bisa tembus dengan masker N95 ini. Meski begitu tidak ada salahnya untuk mencegah.

Masker ini pun tidak dirancang untuk anak-anak atau orang yang memiliki rambut di wajah. Karena tidak akan memberikan perlindungan penuh.

Yang paling penting di saat-saat genting seperti ini adalah menjaga kebersihan, meningkatkan imun tubuh, dan menjaga kesehatan.

Jadi, itulah beberapa jenis masker kesehatan yang bisa kita pakai untuk mencegah penyebaran virus berbahaya.

Content Writer | OKEGUYS
I am a senior freelance content writer and social media specialist. I have written for Hivemind, Qupas Indonesia, Ibukata.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password