2 Jenis Masker untuk Mencegah Corona


Beberapa hari belakangan virus Corona semakin merajalela, virus yang awalnya ditemukan di China ini udah menyebar ke berbagai macam negara. Lebih dari 80.000 orang telah terjangkit virus tersebut.

Masker jadi salah satu alat pelindung buat mencegah virus yang punya nama asli COVID-19. Tapi, masker jenis apasih yang efektif buat mencegah virus ini?

Dikutip dari alodokter, ada 2 jenis masker yang bisa digunakan sebagai pencegah virus Corona:

1. Surgical Mask

(wikipedia) – Surgical Mask.



Surgical Mask atau masker bedah merupakan masker sekali pakai yang biasanya digunakan tenaga medis dan mudah kita dapatkan. Masker ini dapat dijadikan pilihan untuk membentengi kalian dari virus Corona, karena punya lapisan yang bisa melindungi dari percikan air liur orang lain.

Ada 3 lapisan dengan fungsi berbeda yang biasa dimiliki oleh masker bedah:

  • Lapisan luar, berfungsi sebagai antiair.
  • Lapisan tengah, berfungsi sebagai penyaring.
  • Lapisan dalam, berfungsi untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut.

Masker ini mudah didapat lho, dan banyak tersedia di toko-toko dengan harga yang “murah” apabila dibandingkan dengan beberapa jenis masker lainnya. Sayangnya bagian tepi dari masker ini agak sedikit longgar, dan bisa menyebabkan partikel-partikel lain masuk melalui celah ini. Usahakan memakainya dengan benar yaa supaya aman!

2. N95 Mask

(dmii) – N95 Mask.

N95 Mask atau Masker N95 bisa jadi salah satu solusi terbaik untuk melindungi kalian dari ancaman Corona. Masker yang dikategorikan juga sebagai respirator ini sih emang terbilang kurang nyaman untuk kalian gunakan, tapi lebih aman karena bisa menyaring hingga 95% partikel di udara.



Sebenarnya masker ini biasa digunakan untuk orang yang sedang berada di tempat dengan banyak asap, namun karena filter di dalam masker ini mampu menyaring partikel dengan jumlah yang banyak jadi sangat cocok digunakan buat mencegah virus ini.

Masker ini cuma bisa kalian pakai maksimal hingga 5 kali. Untuk harganya memang jauh dari masker bedah. Namun dengan kualitasnya yang lebih bagus pastinya bakal sepadan.

Tips Memakai Masker yang Benar

Tadi kan udah ada jenis masker yang direkomendasiin buat dipakai tuh, sekarang giliran cara pemakaiannya supaya bisa efektif:

  1. Cuci tangan dengan benar menggunakan sabun atau hand sanitizer.
  2. Apabila menggunakan masker bedah, pastikan sisi luar yang berwarna hijau dan sisi dalam yang berwarna putih.
  3. Pasang tali masker dengan benar. Jika tali masker perlu diikat, ikat tali yang atas terlebih dahulu, kemudian bawahnya.
  4. Pastikan masker menutupi bagian hidung, mulut, dan dagu dengan sempurna. Pastikan bagian yang ada logamnya berada di batang hidung.
  5. Lekukkan strip logam mengikuti lekukan hidung supaya tidak menyisakan celah.
  6. Jangan menyentuh bagian tengah masker saat menggunakan dan melepas masker.
  7. Buang masker ke tempat sampah dan cuci tangan hingga bersih setelah menggunakannya.

Disarankan untuk pakai masker yang punya fitur-fitur diatas ya, karena efektif buat melindungi kalian dari penyakit-penyakit menular, salah satunya virus Corona. Dan untuk tau gimana penyebarannya secara real-time, kalian bisa cek melalui link ini.

Stay safe guys!



Full-time writer at OKEGUYS Most topics about Gadget, Football & Games.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password