6 Jenis Jamur yang Enak Banget Buat Dimakan


Jamur jadi salah satu bahan pangan yang sering banget kalian temukan di berbagai macam hidangan. Selain bentuknya yang unik, rasanya pun juga enak. Jamur juga punya banyak jenis dan manfaat nih guys.

Tapi, gak semua jamur bisa dimakan, ada juga yang beracun. Mau tau apa aja jenis jamur yang aman buat dimakan? Inilah beberapa jenis jamur yang aman dikonsumsi serta punya rasa yang enak.

1. Jamur Kancing


(wikipedia) – Jamur Kancing.

Dinamakan jamur kancing karena bentuknya yang mirip kayak kancing. Jamur yang punya nama lain champignon ini sudah dikembangbiakkan sejak abad 17 lho di Prancis. Selain itu, jamur kancing menjadi jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia.

Jamur kancing biasanya berwarna putih, krem atau cokelat muda. Biasanya, sering dijadikan topping untuk pizza dan makanan barat lainnya.

Jamur ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang pastinya sangat bagus buat kesehatan tubuh.

2. Jamur Kuping

(pixabay) – Jamur kuping.

Jamur yang satu ini punya banyak manfaat buat kesehatan nih guys. Diantaranya, bisa mengurangi panas dalam dan menyembuhkan luka bakar.

Jamur kuping dijadikan sebagai bahan berbagai masakan seperti nasi goreng jamur, sukiyaki, dan bakmi jamur karena rasanya yang lezat dan memiliki tekstur lunak.

3. Jamur Tiram


(wikipedia) – Jamur tiram.

Pada suka makan jamur crispy gak guys? Nah, Jamur yang biasa dipakai untuk dijadikan jamur crispy adalah jamur tiram. Dinamakan jamur tiram karena bentuknya tudungnya yang mirip seperti tiram.

Jamur tiram memiliki berbagai manfaat kesehatan, dari mulai untuk menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial serta antitumor, hingga dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi.

4. Jamur Merang

(wikipedia) – Jamur Merang.

Jamur merang banyak dibudidayakan di wilayah Asia Timur dan Tenggara, jamur ini punya rasa yang enak dan gurih. Sering dijadikan pelengkap pada makanan seperti, mi ayam jamur, pepes jamur, tumis jamur, sup dan capcay.

Manfaat jamur merang diantaranya, untuk mengatasi radikal bebas, memperkuat tulang dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

5. Jamur Enoki

(wikipedia) – Jamur Enoki.

Jamur enoki atau enokitake punya bentuk yang mirip seperti tauge. Disebut enokitake karena tumbuh di permukaan batang pohon Celtis sinensis (Enoki) yang sudah melapuk. Jamur enoki tumbuh di wilayah yang beriklim sejuk dari mulai musim gugur hingga durasi awal musim semi.

Manfaat jamur ini banyak banget guys, diantaranya, meningkatkan sistem imun, mencegah anemia dan mengurangi kolestrol tinggi.

Jamur ini sering dijadikan sup di negara-negara Jepang, Korea, Vietnam dan jadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam masakan Cina.

6. Jamur Shiitake

(pixabay) – Jamur Shiitake.

Yang terakhir, ada jamur shiitake. Jamur pangan asal Asia Timur ini, diberi nama shiitake karena tumbuh di batang pohon shii yang sudah lapuk. Shiitake bermanfaat untuk membantu melawan obesitas, mencegah kanker, dan banyak manfaat lainnya.

Di negara Jepang, jamur ini biasa dibuat menjadi masakan enak seperti tempura, sup miso, udon dan makanan lainnya.

Full-time writer at OKEGUYS
Most topics about Sneakers, Football & Games.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password