Ini yang Kamu Perlukan untuk Membuat Home Recording


Memiliki Home Recording boleh jadi keinginan untuk beberapa orang. Karena dengan demikian kalian bisa merekam audio untuk kebutuhan podcast, voice over, maupun membuat lagu kalian sendiri.

Kalau kalian baru mau memulai untuk membangun Home Recording sendiri, pasti ingin tau dong apa sih minimal alat-alat yang perlu kalian miliki.

Biar kalian bisa kira-kira nih perihal berapa minimal budget yang kalian perlukan.

Jadi, apa saja yang harus ada?



Langsung saja deh!

Ini yang Minimal Kamu Perlukan Untuk Membuat Home Recording

1. PC/Laptop

pixabay.com/Pexels

pixabay.com/Pexels

Nah ini yang pertama kalian butuhkan buat membangun Home Recording, Laptop atau PC. Kalian harus perhatikan juga nih, spesifikasi dari Laptop maupun PC yang akan kalian gunakan. Pastikan spesifikasinya memenuhi standar minimal agar bisa menjalankan Aplikasi untuk mengedit hingga merekam audio nantinya.

Jangan sampai komputer kalian “kentang” dan tidak bisa digunakan untuk home recording.

2. Microphone

pixabay.com/Pexels

pixabay.com/Pexels



Jelas dong, microphone jadi alat yang jelas-jelas harus ada pada home recording yang kalian bangun nantinya. Ketahui jenis-jenis microphone dan sesuaikan dengan kebutuhan maupun kondisi ruangan kalian. Sehingga, microphone yang kalian beli akan tepat dan performanya juga menjadi maksimal.

3. Headphone/Speaker Monitor

pixabay.com/AndNowProjekt

pixabay.com/AndNowProjekt

Headphone maupun Speaker Monitor juga menjadi alat minimal yang perlu ada dalam home recording. Alasannya jelas, untuk mengetahui bagaimana output yang dihasilkan dari audio yang sudah kalian rekam nantinya.

Kalau Speaker Monitor digunakan untuk mendengar suara yang dihasilkan, maka Headphone dibutuhkan untuk mendengar bagian lebih detail dari audio kalian.

4. Sound Card

pixabay.com/FOTEROS

pixabay.com/FOTEROS



Gampangnya sound card merupakan bagian dari home recording yang fungsinya seperti jembatan untuk masuk maupun keluarnya audio kalian. Tapi ada juga kok, beberapa Microphone dengan kabelUSB yang tidak memerlukan bantuan sound card untuk merekam.

Sehingga untuk merekam, USB Microphone hanya Plug and Play.

5. DAW

pixabay.com/florantevaldez

pixabay.com/florantevaldez

Kalau dari tadi kita membahas perangkat keras dalam membangun home recording, poin kali ini merupakan perangkat lunak yang menjadi bagian yang gak kalah penting. DAW merupakan kependekkan dari Digital Audio Workstation.

Gampangnya sih DAW merupakan software yang biasa digunakan untuk memproduksi, mengedit, maupun merekam audio. Ada beberapa DAW yang bisa kalian gunakan untuk PC, antara lain seperti:

  • Adobe Audition
  • FL Studio
  • Audacity
  • Cubase
  • Dan lain-lain.

Itulah beberapa hal mendasar yang minimal harus kalian miliki untuk membangun sebuah home recording. Tentunya masih ada banyak beberapa hal lainnya yang menunjang studio rumahan kalian menjadi lebih baik.

Apa saja? Ada yang tau?

Coba tulis di kolom komentar ya guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password